Manfaatkan Lahan di Rudin Wali Kota, Ketua TP PKK Jakpus Panen Jahe Merah

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah (kiri) memanen jahe merah di rumah dinas wali kota. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah memanen jahe merah yang ditanam di halaman rumah dinas (rudin) Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Subang No. 4, Kecamatan Menteng, Senin (13/3).

Ucu Jamilah menerangkan, hasil panen jahe ini dilanjutkan dengan pembuatan susu jahe merah khas Kecamatan Menteng.

“Setiap kecamatan itu ada ikon tanamannya, dan kebetulan Kecamatan Menteng itu memiliki ikon tanaman jahe merah. Sedari 7 bulan lalu kita sudah menanam jahenya, sekarang tinggal panennya saja,” ujarnya didampingi Kasatpel KPKP Kecamatan Menteng Andi Dala Jemma.

Ucu menambahkan, pembuatan susu jahe merah sangat mudah sekali, bisa dicoba di rumah dengan bahan-bahan yang mudah ditemui di pasar.

“Tadi prosesnya gampang sekali, modalnya hanya jahe, secang, susu, dan madu. Semua Insya Allah bisa membuatnya. Ini minuman kesehatan dari bahan lokal, yang tanamannya bisa kita tanam secara mandiri di rumah masing-masing,” ungkapnya.

Ucu juga mengajak warga Jakarta Pusat untuk memanfaatkan lahan yang ada sebagai tempat bercocok tanam.

“Saya juga membuktikan bahwa saya bisa menanam dilahan yang minim, banyak yang bisa ditanam, bisa jahe, rosela, sereh, bumbu-bumbu dapur, bisa juga sayuran. Saya berharap di Jakarta Pusat dengan menjulang tinggi gedung-gedung bertingkat, di situ ada pekarangan rumah yang sempit, nah kita manfaatkan dengan pot-pot atau media tanam lainnya,” tegasnya.

Sementara itu, Perwakilan Poktan Damyanti Menteng Cindi mengatakan, pihaknya tergabung di Jakpreneur sebagai pembuat susu jahe merah.

“Kita bersama warga di gang hijau Damayanti di Jalan Anyar 1 RT 03 RW 02, Kelurahan Menteng membudidayakan jahe merah. Alhamdulillah hasilnya luar biasa banyak, dan muncullah ide untuk membuat susu jahe merah khas Kecamatan Menteng ini,” terangnya.

Cindi mengaku, memiliki omzet sekitar 3-4 juta dalam setiap panen yang dijadikan minuman kesehatan susu jahe merah.

“Selain dibuat susu jahe merah, bisa juga dibuat jahe instan berbentuk bubuk, dikemas dalam bentuk kering, dan siap diseduh kapan saja dan di mana saja,” tutupnya.