Menteri PPPA Dampingi Delegasi Singapura Kunjungi RPTRA Kenanga

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Para menteri dampingi delegasi Singapura berkunjung ke RPTRA Kenanga. Foto: Malik Maulana

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) Bintang Puspayoga dan Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta Tuty Kusumawati mendampingi delegasi Singapura yang dipimpin Menteri Pembangunan Sosial dan Keluarga Singapura Masagos Zulkifli mengunjungi RPTRA Kenanga, Kelurahan Cideng, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Senin (13/3).

Menteri PPPA Bintang Puspayoga mengatakan, kedatangan delegasi Singapura ini dalam rangka kunjungan balasan yang di mana pihaknya lebih dulu melakukan kunjungan ke Singapura.

"Kita pernah ke Singapura, nah di sana kita banyak belajar juga dengan Singapura terkait dengan isu pemberdayaan perempuan, perlindungan anak, demikian juga pembangunan keluarga," ujar Bintang di RPTRA Kenanga.

Ia melanjutkan, isu pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang dibahas kedua negara sangat beririsan dengan keberadaan RPTRA di tengah masyarakat.

"RPTRA ini adalah suatu tempat yang bisa menjadi inspirasi sebagai tempat yang terpadu dan terintegrasi. Mudah- mudahan bisa menjadi inspirasi di tempat lainnya," harapnya.

Sementara itu, Menteri Pembangunan Sosial dan Keluarga Singapura Masagos Zulkifli mengungkapkan, kunjungan ini merupakan sebagai bentuk peningkatan kerja sama antara kedua belah pihak.

"Kami sudah saling studi banding, ibu  menteri sudah ke Singapura, sekarang giliran saya ke Indonesia dan masih banyak lagi yang kita dapat pelajari terutama bagi pembangunan keluarga dan tetangga yang baik," ucap Masagos.

Di tempat yang sama Kepala Dinas PPAPP DKI Jakarta Tuty Kusumawati menjelaskan, kedatangan para menteri tersebut ingin melihat langsung kegiatan serta fasilitas RPTRA di DKI Jakarta terutama sinergitas Pemprov DKI Jakarta dalam pemenuhan kebutuhan anak. 

"RPTRA Kenanga juga merupakan salah satu dari enam RPTRA di Jakarta yang sudah tersertifikasi sebagai ruang bermain ramah anak oleh Kementerian PPPA," ungkap Tuty.

Tuty bersyukur, keberadaan RPTRA di DKI Jakarta mendapat feedback yang sangat baik, tidak hanya dari segi keterpaduan layanan saja namun, dari berbagai kualitas layanan itu sendiri.

"Di RPTRA kita menghadirkan tenaga profesional seperti konselor laktasi, psikologi, parenting, kesehatan reproduksi, dan unsur penting lainnya," pungkasnya.