Meriahkan HAN ke-39, Pemkot Jakpus Akan Gelar Atraksi Seni untuk Anak di Taman Menteng

Reporter: Iman  | Editor: Andreas Pamakayo

Foto: pusat.jakarta.go.id

Dalam rangka turut memeriahkan Hari Anak Nasional (HAN) ke -39 yang jatuh setiap tanggal 23 Juli, Pemerintah Kota (Pemkot) Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) akan menggelar Atraksi Seni Kreatif di Ruang Publik.

Lokasi yang akan dijadikan tempat kegiatan ialah Taman Menteng, di Kelurahan Menteng, Jakarta Pusat. Adapun jadwal pelaksanaannya pada hari Jumat 28 Juli 2023 yang dimulai pada pukul 13.30 sampai pukul 17.30 WIB. Acara ini mengangkat tema “ Wisata Aman untuk Anak-anak di Taman”.

Hal itu dikatakan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting saat ditemui usai memimpin rapat rencana kegiatan tersebut, di Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (25/7).

“Nanti pada tanggal 28 Juli akan dilakukan Atraksi Seni Kreatif di Ruang Publik, yang diselenggarakan untuk memeriahkan Hari Anak Nasional ke-39 yang bertema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju”. Untuk memberikan apresiasi dan juga edukasi kepada anak-anak yang akan dilakukan di Taman Menteng, ” ujar Ginting.

Ketika dikonfirmasi lebih lanjut terkait kegiatan ini dengan kota layak anak, Ginting pun menjawab bahwa acara ini adalah salah satu upaya Pemkot Jakpus beserta seluruh jajaran menghadirkan Kota Jakarta Pusat sebagai Kota Layak Anak.

“Tentunya kita bersyukur Jakarta Pusat masuk kategori Nindya. Dan seluruh komponen harus memberikan dukungan terhadap itu. Salah satu di antaranya dari perspektif pariwisata akan dilakukan seperti ini, dan ada lagi dari perspektif yang lain. Sehingga menjadi satu keseluruhan di dalamnya harus bekerja sama untuk membentuk kota layak anak. Oleh sebab itu, dari perspektif pariwisata dibuatkan acara ini, interaksi dan memberikan edukasi,” lanjutnya.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat Wiwik Satriyani menambahkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memperkenalkan kepada anak-anak tempat wisata yang ada di Jakarta Pusat yang tentunya layak untuk anak, wisata di taman ramah anak.

“Karena di Jakarta Pusat ini banyak taman-taman yang bagus, dan kalau anak-anak itu lebih senang di tempat yang terbuka seperti taman. Agar lebih bebas berekspresi di ruang terbuka, karena anak-anak sekarang ini kebanyakan main gawai dan ini supaya meninggalkan atau agak berkurang,” ujar Wiwik.

Terakhir Wiwik berharap sebagai pemerintah bisa terus memberikan perhatian kepada anak-anak melalui wisata taman ramah anak seperti ini.

Perlu diketahui, pada acara ini akan ada lomba melukis untuk anak-anak usia PAUD dan SD, mendongeng, dan panggung hiburan yang menghadirkan artis anak Arsy dan grup musik anak Pinky Awahita.