Meriahkan Hari Pariwisata Dunia Tahun 2023, Pemkot Jakpus Akan Adakan Festival Pasar Baru

Reporter: Iman  | Editor: Andreas Pamakayo

Koordinasi persiapan Hari Pariwisata Dunia Tahun 2023 di Pasar Baru. Foto: Iman

Dalam rangka memeriahkan Hari Pariwisata Dunia Tahun 2023 yang diperingati setiap tanggal 27 September,  Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) melalui Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) akan mengadakan Festival Pasar Baru yang akan berlangsung pada hari Jumat, tanggal 29 September 2023.

Hal itu diungkapkan Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting usai memimpin rapat persiapan Festival Pasar Baru dalam Rangka Hari Pariwisata Dunia, di Ruang Sekko I, Lantai 2, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (19/9).

“Dalam rangka memperingati hari pariwisata dunia, Pemkot Administrasi Jakpus melalui Sudin Parekraf akan melaksanakan Kegiatan Atraksi Seni Kreatif di Ruang Publik. Kegiatan akan dilakukan di Kelurahan Pasar Baru yaitu Festival Pasar Baru,” ungkapnya.

Ia juga menambahkan kegiatan ini sebagai upaya Pemkot Administrasi Jakpus untuk meramaikan kembali Pasar Baru agar dikunjungi lebih banyak masyarakat.

“Kita akan terus berusaha bagaimana memaksimalkan kunjungan masyarakat ke Pasar Baru ini sebagai salah satu tempat wisata legendaris di Jakarta. Dengan kegiatan seperti ini tentu saja harapan kita mendongkrak perekonomian di kawasan Pasar Baru,“ tambahnya.

Bakwan Ferizan Ginting berharap masyarakat di sekitar Pasar Baru maupun masyarakat yang di luarnya mendukung penuh kegiatan ini dengan meramaikan dan hadir di sana.

Sementara itu, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Wiwik Satriani menjelaskan, kegiatan yang akan dihadirkan di Festival Pasar Baru nanti di antaranya ada pertunjukan musik, bazar UMKM, Barongsai, Tanjidor, Tari Tradisional India, dan olahraga bersama masyarakat di sana.

“Rencananya akan menghadirkan penyanyi legendaris Titik Puspa, karena Titik Puspa itu pengarang lagu Gang Kelinci pada zaman dulu. Karena salah satu yang mengangkat Pasar Baru pada zaman dulu itu sebuah wilayah yang bernama Gang Kelinci,” tutupnya.