Padukan Tanaman dan Mural, Gang Jodoh Gunung Sahari Utara Menjadi Lebih Asri

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Gang Jodoh. Foto: Maulana

Hijau, Asri, rapi, indah, dan instagramable, itulah kesan pertama yang didapat saat berkunjung ke Gang Jodoh, di Jalan Gunung Sahari XI Dalam, Kelurahan Gunung Sahari Utara, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat.

Menjadi lokasi penataan kawasan unggulan Kelurahan Gunung Sahari Utara di triwulan pertama 2023, Gang Jodoh disulap menjadi gang yang asri dengan beragam pepohonan di sepanjang jalan, dipadukan dengan mural yang bertemakan alam di setiap dindingnya.

Lurah Gunung Sahari Utara Hasbullah mengatakan, penentuan lokasi ini berdasarkan aspirasi warga dan juga melihat warga di wilayah tersebut aktif.

"Pengerjaan mural ini dilakukan oleh Pak Kekeng warga Gang Jodoh bersama pengurus RT dan RW serta warga lain, pengerjaannya sekitar kurang dari 1 bulan. Konsepnya menyatukan mural dengan alam, karena di kanan kiri jalan sudah ada pohon," katanya.

Menurutnya, penataan kawasan ini bukan hanya tugas pemerintah, tetapi juga perlu peran serta masyarakat untuk terlibat aktif dalam menata, menjaga, dan merawatnya.

"Sudin SDA membantu pengurasan saluran dan Bina Marga melakukan perapihan kabel, lebih banyak melibatkan warga dan pengurus RT-RW dalam penataan kawasan ini, warga sangat senang Gang Jodoh ini ditata menjadi lebih indah," ucapnya.

Hasbullah berharap masyarakat dapat terus menjaga dan merawat kawasan yang telah ditata ini.

"Semoga semua wilayah di Gunung Sahari Utara dapat ditata. Sehingga, selain aman, dan tertib, kawasannya bisa lebih tertata dan lebih rapi," harapnya.

Sementara itu, salah satu warga yang membuat mural, Kekeng mengaku senang dengan penataan yang melibatkan dirinya dan warga lainnya.

"Senang sekali, apalagi kita dapat berkreasi membuat mural dengan tema alam yang menjadikan Gang Jodoh tetap terlihat asri dengan adanya tanaman dan mural alam ini, lebih berwarna dan menyatu," ucapnya.