Panen Bawang Merah dan Cabai di Rooftop Kantor Wali Kota

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Panen bawang merah di rooftop Kantor Wali Kota Jakarta Pusat. Foto: Maulana

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama dengan jajaran Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (Sudin KPKP) memanen tanaman yang bisa meningkatkan ketahanan pangan, di rooftop Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (22/2).

Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengatakan, panen ini rutin dilakukan jajaran Sudin KPKP. Tadi memanen kangkung, cabai, jeruk limau, dan bawang merah.

“Hari ini, saya diajak panen bersama jajaran Sudin KPKP, ada kangkung, cabai, bawang merah, dan jeruk limau,” kata Ucu, didampingi Ketua III Bidang Ketahanan dan Pangan Keluarga TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Isma Marsela Sinuhaji, serta Kasudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti.

Menurutnya, rooftop ini merupakan ruang ketiga yang pemanfaatannya diubah Sudin KPKP menjadi kebun edukasi. “Rooftop ini menjadi tempat percontohan, tempat penelitian, dan sebagai sarana edukasi untuk menanam,” ujar Ucu.

Ucu juga menceritakan bahwa hasil panen ini biasanya dijual kepada para pegawai lingkup kantor wali kota, yang hasilnya dipergunakan untuk membeli bibit agar dapat ditanam kembali.

“Sementara ini yang beli masih lingkup wali kota aja, nantinya ke depan akan bekerja sama dengan toko atau warung di sekitar wali kota,” ucapnya.

"Semoga kedepannya bisa panen tanaman lainnya seperti pisang, terong, dan juga wortel di sini,” imbuhnya. 

Untuk diketahui, jumlah yang dipanen adalah kangkung 3 kg, jeruk limau 1 kg, bawang merah 17 kg dan beberapa ons cabai.