Pantau Kesehatan ASN dan PJLP, Puskesmas Kecamatan Tanah Abang Gelar Skrining Kesehatan

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Camat Tanah Abang Dicky Suherlan mengecek kesehatannya. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Sebanyak 50 Aparatur Sipil Negara (ASN) mengikuti skrining kesehatan yang digagas Puskesmas Kecamatan Tanah Abang.

Skrining kesehatan tersebut berlangsung di lobi Kantor Kecamatan Tanah Abang, Jalan KH Mas Mansyur, Jakarta Pusat, Jumat (5/5). 

Kegiatan ini dalam rangka memperingati bulan K3 Nasional pada Februari lalu, tetapi untuk pelaksanaan pemeriksaan kesehatan berjenjang hingga bulan ini.

Camat Tanah Abang Dicky Suherlan yang juga ikut memeriksakan dirinya dalam kegiatan ini mengutarakan, pemeriksaan ini diikuti ASN dan PJLP yang bertugas di lingkungan Kecamatan Tanah Abang.

Dicky menginstruksikan jajaran di bawahnya memeriksakan kesehatan untuk mengetahui kondisi tubuh, terlebih pascalebaran ini.

“Tadi saya ikut diperiksa, Alhamdulillah gula darah, tensi darah, dan kolestrol juga dalam kondisi baik. Ini semua berguna dalam rangka kita melaksanakan pelayanan kepada masyarakat, agar prima selalu,” ujarnya.

Ketika ditemukan ASN atau PJLP dengan kondisi yang tidak prima, lanjut Dicky, pihak Puskesmas Kecamatan Tanah Abang akan mengawal orang tersebut, agar mendapatkan perawatan lebih lanjut hingga pulih.

Sementara itu, Koordinator K3 Puskesmas Kecamatan Tanah Abang dr. Guswendi mengatakan, urutan pemeriksaan meliputi Penyakit Tidak Menular (PTM) yakni, pengecekan gula darah, tensi darah, kolestrol, dan asam urat, selain itu ada tes kebugaran serta diakhiri penyuluhan kesehatan.

“Total sudah ada 50 yang diperiksa, antusiasnya lumayan cukup tinggi dari Kecamatan Tanah Abang. Saya berharap pemeriksaan ini dapat menjadi acuan kesahatan bagi para ASN maupun PJLP untuk tetap menjaga tubuh agar terbebas dari penyakit tidak menular, pola makan dijaga serta rutin olahraga,” harapnya.