Pekan Depan Sterilisasi Kucing di Jakarta Pusat Akan Dimulai

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat bekerja sama dengan Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang DKI Jakarta, pekan depan akan memulai sterilisasi terhadap kucing lokal.

Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Jakarta Pusat Herawati menjelaskan, akan dibuka tiga tahap sterilisasi kucing lokal tersebut.

“Jadi akan dibagi menjadi tiga tahap, tahap. Pertama di bulan Mei, kedua di bulan Juli, dan tahap ketiga di bulan September," ucapnya.

Nantinya, lanjut Herawati, dalam tiga tahap tersebut, total kucing yang akan di sterilisasi berjumlah 350 ekor.

“Jadi tahap pertama dan kedua akan di lakukan sterilisasi sebanyak 110 ekor, 80 jantan, dan 30 betina. Sedangkan pada tahap ketiga total sebanyak 130 ekor, terdiri dari 90 jantan, dan 30 betina," jelasnya.

Untuk tahap pertama, Herawati menambahkan, pelaksanaannya sendiri akan dimulai dari tanggal 9-19 Mei 2023, dan akan dilakukan di lima klinik yang ada di Jakarta Pusat.

“Jadi kita bekerja sama dengan lima klinik di Jakarta Pusat yaitu, di Glorious Pet, Jakarta Vet Cideng, Praktik Mandiri drh. Sukirno, Marcelline Pet Shop, dan Pet+Vet Animal Clinic," terangnya.

Hera juga mengajak warga pemilik kucing kesayangan untuk bersama berperan aktif mempertahankan DKI Jakarta tetap bebas rabies dan upaya menekan angka populasi kucing dengan mendaftarkan dan ikut serta dalam kegiatan tersebut.

“Untuk warga yang ingin ikut mendukung kegiatan ini, bisa mendaftarkan melalui akun sosial media Sudin KPKP Jakarta Pusat, di situ sudah ada tertulis narahubung masing-masing kecamatan," tutupnya.