Pembinaan Perangkat Kecamatan, Wali Kota Minta Hilangkan Ego Sektoral

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan Pembinaan Perangkat Kecamatan Gambir. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka sekaligus menjadi narasumber dalam kegiatan Pembinaan Perangkat Kecamatan, Kelurahan, dan Sektoral Kecamatan Gambir, di salah satu hotel wilayah Kelurahan Kebon Kelapa, Jakarta Pusat, Rabu (25/1).

Dhany mengatakan, kegiatan ini dalam rangka menyatukan persepsi terkait dengan pelaksanaan tugas yang dilakukan oleh ASN di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat.

Ia menjelaskan, perangkat kecamatan memiliki berbagai permasalahan yang kompleks, oleh karenanya perlu dilakukan kolaborasi dengan seluruh stakeholder untuk memudahkan suatu pekerjaan.

"Kita tidak bisa kerja secara sektoral, maka untuk memenuhi target kinerja perlu ada kolaborasi. Tinggalkan ego sektoral, ego sektoral sudah tidak berlaku lagi, kita harus membuka diri," terang Dhany. 

Kemudian dalam kegiatan yang berlangsung selama hampir 2 jam tersebut, Dhany lebih banyak membahas mengenai konsep core value BerAKHLAK, yang merupakan nilai-nilai kepegawaian yang disepakati secara nasional, yang mencakup nilai Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif dan tentunya Kolaboratif.

"Kita punya tanggung jawab kewilayahan yang di mana satu sama lain ada kaitannya. Satu sama lain harus ikut bekerja sama," tegasnya.

Di tempat yang sama, Camat Gambir Andri Ferdian mengatakan, kegiatan pembinaan ini sangat penting untuk meningkatkan kinerja jajaran ASN di wilayah Kecamatan Gambir.

"Tentunya kesempatan yang baik ini tadi bisa dimanfaatkan kami ASN di kecamatan dan juga kelurahan serta sektoral Kecamatan Gambir untuk lebih mendalami menyerap ilmu-ilmu dari Pak Wali Kota," ungkap Andri didampingi Lurah Kebon Kelapa Nurbin Tumbur Togar.

Andri berharap kegiatan pembinaan seperti ini dapat dilaksanakan secara berkesinambungan dan menjadi penguat dalam menjalankan tugas melayani masyarakat.