Pemkot Jakpus Berikan Pembinaan Proklim di RW 06 Kebon Melati

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Pembinaan proklim di wilayah RW 06 Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (6/6). Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan Pembinaan Program Kampung Iklim (Proklim) di wilayah RW 06 Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (6/6).

Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kota Administrasi Jakarta Pusat Binsar Siregar mengungkapkan, pembinaan ini dalam rangka persiapan verifikasi lapangan Calon Proklim Nasional Tahun 2023.

"Kita sama-sama melihat persiapan seperti apa di lapangan bersama dengan teman-teman dari sudin terkait termasuk, camat-lurah, tentunya dari RW beserta dengan jajarannya," ungkapnya.

Menurut Binsar, tidak ada yang terlalu istimewa atau dikhususkan karena ini merupakan hal yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat.

"Kita hanya mengingatkan kembali bagaimana menata lingkungan itu, di proklim ada dua hal yang dilihat adaptasi dan mitigasinya. Dua hal ini sebenarnya kita sudah masukan di dalam sistemnya dengan ini kita mau melihat seperti apa di lapangan apakah dia ada waduk, penampungan air, pengelolaan sampah pemilihan, dan sebagainya," tuturnya.

Binsar mengingatkan, proklim ini bukanlah kejuaran atau seperti lomba-lomba yang lain tapi ini bagaimana menggerakkan masyarakat menjadi kebiasaan mencintai lingkungannya.

"Dengan mencintai lingkungannya tentu berdampak terhadap warga di sekitarnya dan di sekelilingnya. jadi lingkungannya sehat tentunya manusianya pun sehat," ucapnya.

Dalam Pembinaan ini dihadiri, Sub Koordinator LH dan RTH Kota Administrasi Jakarta Pusat Budi Kristina, Wakil Camat Tanah Abang Dwiarti Indriani Utami serta perwakilan Sudin Terkait Mulai dari Pertamanan, Bina Marga, KPKP, dan lainnya.