Pemkot Jakpus Kolaborasi dengan IDI Gelar Forum Komunikasi Informasi dan Temu Aspirasi atasi Tengkes

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat bersama Ikatan Dokter Indonesia (IDI) Cabang Jakarta Pusat menggelar Forum Komunikasi Informasi dan Temu Aspirasi (Forum Kita) di Ruang Serbaguna Utama, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Kamis (27/4).

Dalam Forum yang bertajuk "Sinergi dan Kolaborasi Atasi Stunting" juga digelar secara daring (dalam jaringan) dengan menghadirkan narasumber dari Suku Dinas Kesehatan Kota Administrasi Jakarta Pusat dan IDI Cabang Jakarta Pusat yang mengedukasi masyarakat mengenai tengkes atau stunting.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, Pemkot telah melakukan intervensi tengkes secara spesifik maupun sensitif.

"Spesifiknya telah dilakukan Jajaran Sudin Kesehatan serta TP PKK Jakarta Pusat, mulai dari pemberian makanan tambahan, pemberian tablet penambah darah, pemberian zinc untuk para suami, pengobatan dan pendeteksian kesehatan pada saat memasuki jenjang perkawinan, aktivitas pemantauan ibu hamil untuk 1.000 hari pertama kehidupan manusia melalui posyandu, fasilitas kesehatan dengan pendekatan promotif dan preventifnya, mengatasi infeksi yang berulang dengan meningkatkan layanan Unit Kesehatan Perorangan (UKP) melalui peran RSUD, Rumah Sakit, dan Faskes," katanya.

Menurut Dhany, sosialisasi atau forum yang dilakukan saat ini merupakan strategi komunikasi penyadarkan untuk memberikan keyakinan kepada para orang tua sehingga, secara mandiri bisa mengatasi persoalan tengkes.

"Kita juga menggandeng beberapa CSR yang sudah siap untuk bergandengan tangan mengatasi persoalan tengkes, melakukan intervesi dengan memberikan makanan tambahan dan aktivitas-aktivitas yang berada di posyandu," ucapnya.

Dhany menuturkan, kolaborasi bersama IDI merupakan kolaborasi yang telah terjalin lama baik dalan aktivitas resmi maupun aktivitas sosial.

"Kolaborasi sering kita lakukan seperti pendeteksian dini kanker atau lainnya, dan kali ini kita ingin fokus pada penyelesaian program prioritas nasional," tuturnya.

Sementara itu Wakil Ketua IDI Cabang Jakarta Pusat Sri Hindarjo mengatakan tema atasi Stunting dipilih karena masih menjadi masslah besar di Indonesia khususya di Jakarta Pusat, yang penyelesaiannya perlu banyak sinergitas dengan berbagai pihak. 

"Tengkes ini masalah kita semua, jadi sudah harus bersatu menyelesaikan masalah ini, agar Indonesia dapat melahirkan generasi-generasi sehat, cerdas, kuat, dan pintar," ujarnya.

Kominfotik JP/Maulana