Pemkot Jakpus Lakukan Panen Cabai Serentak di 27 Lokasi Berbeda

Reporter: Muhamad Aulia  | Editor: Andreas Pamakayo

Panen cabai, di RW 09, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melakukan panen cabai, di RW 09, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Rabu (20/12).

Kegiatan ini dilakukan para wali kota se-Jakarta yang berlokasi di wilayah masing-masing. Juga diikuti kepala daerah Banten, Jawa Barat, DIY, Jawa Tengah, hingga Sulawesi Selatan. Dipimpin Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono secara daring. 

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, di wilayah Jakarta Pusat sendiri panen cabai serentak tersebar di 27 lokasi berbeda.

"Panen ini tersebar di 27 lokasi berbeda yang bertempat di RPTRA, Kelompok Tani, Sekolah-sekolah, dan area swadaya masyarakat. Total menghasilkan panen 378 kg cabai," ujarnya.

Dhany menjelaskan, hasil panen cabai sebagian akan dijual untuk (hasil penjualannya) dimanfaatkan pada musim tanam berikutnya dan sebagian lagi didistribusikan kepada masyarakat untuk meningkatkan ketahanan pangan di Jakarta Pusat.

"Sebagian hasil panennya kita jual dan sebagian lagi kita salurkan ke masyarakat, hal ini juga upaya menurunkan inflasi," jelasnya.

Dhany juga mengimbau kepada masyarakat untuk bersama-sama menggunakan lahan yang ada untuk ditanami tanaman produktif yang nantinya dapat dimanfaatkan secara mandiri.

"Kita berharap masyarakat dapat memanfaatkan lahan pekarangan, rooftop, maupun pot-pot kecil untuk ditanami tanaman produktif seperti, cabai yang saat ini harganya cukup tinggi sehingga kita bisa mengendalikan inflasi sekaligus meningkatkan ketahanan pangan," tutupnya.