Pemkot Jakpus Perkuat Penurunan Angka Stunting dengan Pendekatan BAGIMU

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka kegiatan penguatan penurunan stunting. Foto: Maulana

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma membuka kegiatan penguatan kapasitas Pokja IV dalam penurunan angka stunting atau tengkes dengan pendekatan BAGIMU.

"BAGIMU merupakan singkatan dari Bahagiakan, Beri Gizi, dan Stimulasi yang tepat. Ketiga hal tersebut menjadi hal yang sangat penting untuk menurunkan angka stunting dan perlu selalu kita pantau," katanya, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (23/6).

Dhany menuturkan, penanganan stunting harus dilakukan pada 1.000 hari kehidupan manusia. "Ketika ada janin di dalam kandungan, pada saat masa kehamilan itu dipantau, setelah lahir dan saat balita juga dipantau, saat masa remaja, masa perkawinan juga harus dipantau, dan ditangani dengan baik agar tidak terlahir bayi stunting," tuturnya.

Menurut Dhany, peran posyandu sangat penting dalam pencegahan stunting karena, di dalam posyandu ada kegiatan inti dan pengembangan.

"Kegiatan inti yaitu kesehatan ibu dan anak, gizi, imunisasi, KB-nya serta program-program lain yang mendukung posyandu. Sementara untuk pengembangannya ada BKB, Pos PAUD, BKL, PIK, dan Bina Keluarga Remaja," ucapnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah mengatakan, di tahun ini Pokja IV memprogramkan penurunan stunting dalam BAGIMU yang juga merupakan program Provinsi DKI Jakarta dan tentunya berdampak untuk Indonesia.

"Sesuai tagline, 'Sukses Jakarta untuk Indonesia' sehingga, sukses tidak ada stunting di Jakarta Pusat juga untuk Indonesia," ucapnya.

Dalam kesempatan ini, Ucu juga berterima kasih kepada Ketua DWP PAM Jaya yang turut hadir dan mendukung penurunan stunting di Jakarta Pusat.

"PAM Jaya merupakan salah satu CSR yang akan mengintervensi stunting di Jakarta Pusat, Niat baik dan tulus dari PAM Jaya untuk peduli stunting tentunya kita dukung dan sukseskan," ujarnya.

Kegiatan "Penurunan Stunting melalui BAGIMU PKK juga dihadiri Kasudin PPAPP Kota Administrasi Jakarta Pusat Dwi Wahyu Riayanti, DWP PAM Jaya lia, Ketua DWP Damkar Rini Asrizal, kader Pokja IV tingkat kecamatan, dan kelurahan.