Penataan Kawasan di Cempaka Putih Timur Ditargetkan Akhir Maret Selesai

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan kawasan di wilayah Kelurahan Cempaka Putih Timur. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Pada triwulan pertama di tahun 2023, Kelurahan Cempaka Putih Timur  melanjutkan penataan kawasan, dan  kali ini mengusung konsep urban farming atau pertanian perkotaan. 

Di mana, menurut Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari, telah disiapkan lahan untuk menanam sesuai dengan kebutuhan dan kegiatan PKK kelurahan.

“Jadi untuk memadukan berbagai kegiatan PKK kelurahan, maka pada penataan kawasan kali ini kami buatkan lahan untuk menanam, bisa untuk menanam terapeutik, sayur-sayuran, dan tanaman urban farming lainnya,” ujar Shinta.

Dengan adanya kegiatan ini, dirinya tidak mengharapkan reward ataupun mendapat penghargaan walaupun masuk ke dalam nominasi kecamatan.

“Kalau mendapat reward itu bonus, yang penting saya melakukan ini dengan sukacita dan bisa melakukan perubahan di wilayah, serta bisa merubah kondisi lingkungan lebih baik,” terang Shinta.

Progres penataan kawasan ini sudah dilakukan dari awal Januari, dan ditargetkan selesai pada akhir bulan Maret.

“Sudah dari Januari, saat ini tahap finishing dan penanaman bibit saja,”  Shinta mengungkapkan.

Shinta juga berharap, warganya bisa menjaga dan menjadikan lahan ini untuk inspirasi dalam melakukan kegiatan di luar rumah seperti, bercocok tanam.

“Karena ini punya kita bersama, seharusnya warga juga bisa menumbuhkan rasa kepemilikan bersama untuk merawat dan menjaganya. Juga jadikan ini sarana untuk melakukan kegiatan di luar rumah seperti, bercocok tanam,” imbaunya. 

Sementara itu, Ketua RT 01 RW 08 Kelurahan Cempaka Putih Timur Ika mengaku warga di wilayahnya sangat senang dengan adanya penataan ini.

“Warga sudah pasti senang sekali dong, melihat hasil penataan ini, keliatan lebih hijau dan asri,” ucap Ika.

Nantinya, lanjut Ika, warga akan berpartisipasi dengan menanam tanaman pokok yang hasilnya akan dibagikan untuk warga juga.