Penataan Kawasan Triwulan Keempat, Kelurahan Utan Panjang Percantik Gang Jalan N

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan kawasan di Jalan N,Kelurahan Utan Panjang. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Kelurahan Utan Panjang melalui petugas Penanganan Prasarana dan Sarana Umum (PPSU) melakukan penataan kawasan pada triwulan keempat, di Gang Jalan N, RT 05/RW 04, Kecamatan Kemayoran, Jakarta Pusat, Senin (13/11).

Sekretaris Kelurahan (Sekkel) Utan Panjang Wina menjelaskan, area ini dulunya merupakan tempat pembuangan sampah warga dan parkir kendaraan roda dua karena, sebelah kiri  gang ini merupakan tanah kosong dan sebelah kanan hanya tembok.

"Awalnya lokasi ini merupakan tempat pembuangan sampah dan parkir motor. Lahan penataan yang mempunyai lebar diperkirakan 2,5 meter dan panjang 60-70 meter merupakan gang kosong yang tidak ada penghuninya," jelasnya.

Lalu, lanjutnya, pihaknya dalam sehari mengerahkan 5-10 PPSU untuk melakukan penataan dengan pembuatan taman, pengecatan, dan melukis mural menggunakan Dana Alokasi Umum (DAU) dari pemerintah pusat yang dihibahkan ke Pemprov DKI Jakarta.

"PPSU dikerahkan sehari 5-10 orang untuk mempercepat proses penataan dalam pengerjaan pembuatan taman, pengecatan warna-warni, dan melukis mural. Pengerjaan dimulai dari bulan Oktober dan di bulan November ini sudah hampir 100 persen selesai," kata Wina. Seraya menambahkan, jika sore hari menjadi tempat anak-anak bermain.

Untuk perawatan gang Jalan N yang telah ditata ini, lanjut Wina, pihaknya mengerahkan dua petugas dalam melakukan penyiraman taman pada pagi dan sore. Tanaman yang ditanam yaitu, pucuk merah, mini palem, gandarusa,  adam eva, dan lain sebagainya.

Wina juga berharap kepada warga sekitar agar dapat sama-sama menjaga dan merawat area yang kini sudah bersih, indah, asri, dan nyaman dipandang.

"Saya berharap kepada warga bisa ikut berpartisipasi untuk merawat tempat yang sudah kita tata dan telah menjadi ruang terbuka publik. Mari bantu menjaga dan melestarikannya serta jangan buang sampah lagi di sini," imbaunya.