Penataan Kawasan Ubah Gang Tepong Lebih Indah

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Penataan Gang Tepong RW 05. Foto: Maulana

Dalam rangka menciptakan lingkungan yang aman, bersih, rapi, dan indah, Kelurahan Galur kembali melakukan penataan kawasan unggulan. Kali ini pada Triwulan keempat Tahun 2023 penataan dilakukan di Jalan Kwista, Gang Tepong RW 05, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Selasa (7/11).

Kepala Seksi Perekonomian dan Pembangunan Kelurahan Galur Andrew Yustian Kartiko menjelaskan, penataan kawasan dilakukan sepanjang kurang lebih 250 meter dengan konsep mural edukasi bertemakan bola dan Indonesia serta taman yang mempercantik gang tersebut.

"Tema mural bola dibuat karena setiap sore anak-anak bermain bola di gang ini dan nanti sambil bermain bola mereka bisa sambil belajar dengan adanya mural bertemakan Indonesia yang menunjukan keberagaman Indonesia," katanya.

Andrew menceritakan bahwa dulunya Gang Tepong ini tak terawat dan banyak tumpukan sampah bahkan pada malam hari menjadi tempat melakukan hal negatif karena tempatnya yang gelap.

"Kita merubah gang ini menjadi lebih rapi dan indah serta merubah mindset masyarakat untuk membuang sampah pada tempatnya dengan menyediakan germor pada malam hari sehingga warga membuang sampah di germor tersebut dan melakukan perbaikan pencahayaan sehingga tetap terang pada malam hari," jelasnya.

Andrew berharap dengan penataan kawasan ini warga bisa tetap menjaga dan merawat gang ini agar tetap rapi dan indah.

"Ini baru 60 persen, harapannya warga bisa menjaga kebersihan dan menjaga gang tepong ini karena konsep penataan kawasan ini pemerintah yang membangun dan warga yang merawat dan menjaganya bukan lagi PPSU atau sudin lain," tandasnya