Pendaftaran Abnon Jakpus 2023 Resmi Dibuka dengan Tema Retrofuturism

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Ilustrasi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) membuka pendaftaran pemilihan Abang None (Abnon) tahun 2023. Pendaftaran calon Duta Pariwisata Jakarta Pusat dimulai sejak 7 April-26 Mei.

Kasudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Wiwik Satriani dalam keterangannya mengatakan, rangkaian kegiatan pemilihan Abang None Jakarta Pusat Tahun 2023 ini dilakukan dengan beberapa inovasi melalui pembaruan konsep, dan tema yang berbeda dari tahun sebelumnya.

"Tema tahun ini yaitu, Pusat Retrofuturism adalah gaya desain yang memadukan elemen-elemen dari gaya retro dengan elemen-elemen futuristik. Ini adalah gaya yang mengambil konsep masa lalu dan mencampurnya dengan imajinasi tentang masa depan. Sehingga, menghasilkan gaya yang unik dan menarik," jelas Wiwik, Rabu (12/4).

Retrofuturism sendiri menurut Wiwik, sering diterapkan dalam film, animasi, dan ilustrasi untuk memberikan kesan yang klasik serta futuristik sekaligus. Dan penerapannya dalam Abnon tahun 2023 salah satunya adalah penggabungan destinasi wisata retro dan kekinian.

"Misalnya dalam seleksi ini kita sekaligus mempromosikan potensi yang ada di Jakpus. Untuk retro-nya nanti ada outbond di Lapangan Banteng, untuk futuristik-nya itu acara makrab, nanti ada di spark," kata Wiwik.

Hal menarik lainnya yang disampaikan Wiwik ketika generasi muda mendaftar Abnon Jakpus akan mendapat manfaat seperti, menambah relasi, melatih kepercayaan diri, melatih kemampuan public speaking, mempelajari budaya betawi, dan lain sebagainya.

Selain itu, lanjutnya, akan banyak sekali materi yang akan diberikan dan bermanfaat bagi para generasi muda untuk pengembangan karakter dan penambahan wawasan yang di antaranya transformasi digital dan city branding, Keketuaan Asean 2023, Kebudayaan Betawi, Kesenian Tour Guide, pariwisata dan hospitality, entrepreneurship, ekonomi kreatif, kuliner, MC dan public speaking, dan keprotokolan.

"Melalui ajang tahunan ini, Pemprov DKI Jakarta melahirkan putra-putri terbaik yang bertugas menjadi Duta Pariwisata Ibu Kota. Setiap tahunnya, dua orang dinobatkan sebagai abang dan none yang ditugaskan untuk mempromosikan pariwisata, budaya sekaligus, sebagai identitas Jakarta," ujar Wiwik.

Bagi yang ingin melakukan pendaftaran pemilihan Abnon Jakpus tahun 2023 ini, dapat mengunjungi situs https://abnon-disparekraf.jakarta.go.id/pendaftaran, kemudian pilih kawasan Jakarta Pusat, kemudian lengkapi biodata, CV, dan pas foto, dan terakhir calon peserta akan diinfokan lokasi dan waktu audisi via Whatsapp dan Instagram.