Peringati Hari Pariwisata Dunia, Pemkot Jakpus Gelar Festival Pasar Baru 2023

Reporter: Sigit | Editor: Iman

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma menghadiri Festival Pasar Baru 2023 di Jalan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jumat (29/9). Foto; Malik

Peringati Hari Pariwisata Dunia, Pemkot Jakpus Gelar Festival Pasar Baru 2023

Dalam rangka turut memperingati hari pariwisata dunia yang jatuh setiap tanggal 27 September, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat menggelar Festival Pasar Baru 2023. Kegiatan ini berlangsung di kawasan perdagangan yang berpusat di Jalan Pasar Baru, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jumat (29/9).

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma yang menghadiri langsung kegiatan ini mengatakan, festival pasar baru merupakan agenda rutin yang dilaksanakan setiap tahunnya.
"Festival pasar baru ini dilaksanakan di tengah-tengah kawasan perdagangan agar para pengunjung bisa menyaksikan dan menikmati hiburan yang ada", ucapnya.

Menurutnya, pasar baru adalah ikon dari kota Jakarta Pusat yang merupakan pusat perbelanjaan pertama yang dibangun di zaman Belanda.

"Jadi, Pasar Baru merupakan ikon dari khususnya Jakarta Pusat, di mana pusat perbelanjaan pertama yang dibangun di zaman Belanda. Seiring dengan perpindahan ibu kota, dan jejak sejarah ini tidak bisa kita lupakan", terangnya.

Maka dari itu, lanjut Dhany, sudah selayaknya kita kembangkan potensi unggulan yang ada di Jakarta Pusat salah satunya adalah Pasar Baru.

Dhany berharap semoga ke depannya akan lebih banyak lagi event-event yang terselenggara di Pasar Baru.

"Setahun sekali terlalu sedikit, nanti akan kita buat dalam setiap waktu ada event-event menarik seperti, jalan santai, festival band, festival seni", bebernya.

Sementara itu di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Parekraf) Jakarta Pusat Wiwik Satriani menjelaskan, festival pasar baru tahun ini mengangkat tema "Melintas Abad".

"Kegiatan ini kami laksanakan dengan tema “Melintas Abad” yaitu, abad 19, 20, 21. Dan saat ini kita sudah berada di abad ke-21 dengan segala kemodernannya", jelasnya.

Kegiatan festival yang berlangsung satu hari ini dimulai sejak pukul 08.00 - 20.00 WIB dengan menghadirkan beberapa acara seperti senam pagi, dan lomba mewarnai.

"Selain itu juga ada penampilan lainnya seperti, pertunjukkan musik, barongsai, tarian tradisional India, fashion show Abang None Jakpus, tanjidor, bazar UMKM, serta penyerahan piala dan hadiah lomba mewarnai", tandasnya.

Kominfotik JP/Git