Perkuat Kondusifitas, Wali Kota Gelar Silaturahmi dengan Forkopimko Jakarta Pusat

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Kota Administrasi Jakarta Pusat. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Forum Komunikasi Pimpinan Kota (Forkopimko) Kota Administrasi Jakarta Pusat menggelar kegiatan forum silaturahmi bersama dengan unsur masyarakat. Kegiatan itu berlangsung di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (30/5).

Dalam kesempatan ini, jajaran Forkopimko yang terdiri dari Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat, Kapolres Metro Jakarta Pusat, Dandim 0501 JP/ BS, dan Kepala Kejaksaan Negeri Jakarta Pusat masing-masing memberikan paparannya untuk dijadikan bahan rujukan dalam menjaga kondusifitas di wilayah Jakarta Pusat.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma dalam paparannya menjelaskan, Jakpus yang merupakan pusatnya ibu kota tentu memiliki dinamika yang luar biasa. Pandangan mata baik secara lokal, regional, maupun internasional akan tertuju pada kota yang di mana jajaran Forkopimko diberikan amanah untuk menjaga kota ini baik dari sisi pelaksanaan tugas pemerintahan maupun dari masyarakatnya.

"Jadi kita semua yang ada di sini menjadi tanggung jawab bersama untuk menjaga kota kita," kata Dhany.

Selain itu, Dhany melanjutkan, saat ini masyarakat mulai dihadapkan pada dinamika politik menjelang pilpres dan pemilihan legislatif yang tentunya akan berpengaruh ke dalam kehidupan sehari- hari baik di media sosial maupun aktivitas secara langsung.

"Demokrasi adalah hal biasa dalam sebuah perbedaan, tapi perbedaan bukan mengarahkan kita pada kehancuran tetapi justru harus mempererat kesatuan, dan persatuan di antara kita," ucap Dhany.

Oleh karena itu, menurutnya, kebersamaan yang dibangun ini merupakan sebuah momentum yang baik untuk menyatukan persepsi sekaligus membulatkan tekad dalam menjaga Kota Jakarta Pusat. 

"Saya juga mengucapkan terima kasih kepada Kapolres, Pak Dandim beserta jajarannya yang bekerja sangat luar biasa pada saat warga kita mungkin tertidur lelap, petugas masih terus berjaga memantau perkembangan," ungkap Dhany.

"Hal-hal yang perlu kita antisipasi bersama saya yakin dan percaya dengan kebersamaan, dengan sinergi, dengan kesadaran yang kuat menjaga kota ini. Saya yakin kita akan mampu menciptakan situasi yang kondusif di Kota Administrasi Jakarta Pusat," imbuhnya.

Sementara itu, Kapolres Jakarta Pusat Kombes Pol Komaruddin mengungkapkan, wilayah Jakpus merupakan titik sentral yang menjadi pusat peradaban, pusat semua kegiatan, dan menjadi barometer dari berbagai hal kehidupan bermasyarakat.

"Kita ketahui bersama bahwa Jakpus ini pusat dari segala-galanya, Jakpus pusatnya Jakarta, semua mata tertuju 1x24 jam, setiap aktivitas kehidupan dalam bermasyarakat, kenegaraan, kegiatan, dan lain sebagainya akan sangat mudah didapatkan dan dilihat oleh masyarakat kita," kata Komaruddin.

Oleh karena itu, Komaruddin meminta kepada masyarakat untuk bersama menciptakan lingkungan yang aman dan nyaman, termasuk meningkatkan kepedulian terhadap sesama demi menjaga kondusifitas di wilayah Jakpus.

Hal senada juga disampaikan, Dandim 0501 JP/BS Letkol Inf Bangun Siregar, pihaknya juga mengungkapkan, pentingnya memelihara persatuan dan kesatuan dalam kehidupan bermasyarakat.

Dalam paparannya, dia menjelaskan berbagai bentuk ancaman yang dapat terjadi apabila rasa persatuan itu tidak terjaga dengan baik.

Oleh karena itu, menurutnya, cara yang dapat dilakukan adalah dengan meningkatkan nilai keimanan, kemanusiaan, keragaman, dan musyawarah di tengah-tengah masyarakat.

Sebagai informasi, dalam kesempatan ini Forkopimko Jakpus melakukan silaturahmi yang dihadiri berbagai unsur di antaranya, UKPD, camat, lurah, kepala kantor Kemenag, MUI, DMI, dewan kota, FKDM, FPK, dan FKUB Kota Jakarta Pusat. 

Salah satu yang menjadi isu penting dalam forum ini adalah menjaga kondusifitas tahun politik menjelang agenda pilpres di tahun 2024.