PKK Gelar Kurasi Produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Kurasi produk UP2K. Foto: Malik Maulana

Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat menyelenggarakan kegiatan kurasi produk Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga (UP2K) PKK Tingkat Provinsi DKI Jakarta.

Kurasi produk tersebut berlangsung di Ruang Serbaguna Besar, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Rabu (9/8).

Ketua Pokja II TP PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Herlina Iqbal menjelaskan, kurasi ini sebuah proses penyeleksian terhadap produk usaha kecil menengah (UKM) atau Industri Kecil Menengah (IKM) yang telah terdaftar sebelum produk tersebut dapat di ekspor atau dinaikan kelasnya.

"Dengan adanya kurasi produk ini maka status UMKM akan lebih jelas mana yang grade bisa naik kelas dan mana yang belum. Sebelumnya kita telah berikan beberapa pelatihan karena masih pandemi jadi lewat zoom. Selain itu, dibantu dengan Sudin PPAPP tentang perizinan, pengemasan, packaging, kemudian kemarin kita juga kerja sama dengan UMKM terkait,” jelasnya.

Produk yang dikurasi pada hari ini, lanjutnya, makanan, minuman, boks kraft, dan ada snacks. Ada 44 kelurahan, semua kelurahan ikut berpartisipasi. Jadi, yang akan dikurasi setiap kecamatan 1 UKM, nanti yang diambil hanya 1 UKM yang terbaik untuk diikut sertakan dalam bazar. "Nantinya akan ada 8 UKM yang mewakili kecamatannya yang akan diikutkan pada bazar," jelasnya.

Herlina berharap dengan adanya kurasi ini UP2K bisa naik kelas, bisa naik tingkat dengan kualitas yang baik, sehingga, apa yang dilakukan berdampak baik untuk keluarga maupun untuk masyarakat sekitar.

Sementara itu, Ketua Pokja 2 PKK Provinsi DKI Jakarta Diah Iswari menegaskan, kurasi ini untuk menguatkan organisasi UP2K baik dari administrasinya, dan usahanya.

"UP2K harus kuat secara organisasi baik dari administrasinya, usahanya, dan semangatnya agar menjadi lebih berkembang," tandasnya.