Posyandu RW 07 Petojo Selatan Adakan Pelatihan Mamalita

Reporter: Berlian Sigit/Danar | Editor: Andreas Pamakayo

Kelas Mamalita atau Modifikasi Menu Makanan Bergizi untuk Balita. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Posyandu RW 07 Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, mengadakan Kelas Mamalita atau Modifikasi Menu Makanan Bergizi untuk Balita yang bertujuan untuk membuat menu olahan makanan yang disukai anak-anak.

"Jadi Kelas Mamalita itu menu modifikasi makanan untuk ballita dari hasil ikan nila di kolam gizi RW 07. Kemudian diolah oleh ibu-ibu kader posyandu, sehinga menghasilkan menu olahan makanan bergizi yang disukai anak-anak," ucap Ketua TP PKK Kecamatan Gambir Weni Andri Ferdian saat meninjau kegiatan di Posyandu RW 07 Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat, Kamis (19/1).

Untuk itu, lanjutnya, Kelas Mamalita digelar bagi para ibu-ibu yang dilatih membuat makanan dengan bentuk unik agar memikat anak memakan olahan ikan.

"Saya berharap Kelas Mamalita seperti ini tidak hanya dilaksanakan di wilayah Kelurahan Petojo Selatan saja namun, bisa diikuti juga oleh kelurahan lain yang berada di Kecamatan Gambir," harapnya. 

Sementara itu, Kepala Puskesmas (Kapuskes) Kelurahan Petojo Selatan Diena Kumalasari menambahkan, kegiatan ini bertujuan untuk membuat inovasi pada menu makanan bagi balita.

“Jadi ini merupakan kegiatan ke empat yang bertujuan memberi gambaran pada ibu-ibu biar ada inovasi untuk menu balitanya," ujar Diena.

Menurut Diena, peran orang tua sangat penting untuk memikirkan tumbuh kembang anak dari pemberian olahan makanan yang bergizi. “Buat ibu-ibu, kalau anak gak mau makan jangan menyerah, dan juga jangan menggunakan makanan yang ada bahan pengawetnya," jelas Diena

Di tempat yang sama, Ketua Posyandu Cempaka 7 Suyati menjelaskan, para orang tua diajarkan untuk membuat olahan dari ikan nila seperti sempol dan kaki naga. 

"Kita ajarkan para orang tua membuat olahan dari ikan nila seperti sempol dan kaki naga," jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini akan terus dilakukan berkeliling ke setiap RW yang ada di Kelurahan Petojo Selatan.