Program Bunda PAUD Mengajar Berikan Penyegaran Belajar yang Menyenangkan

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Bunda PAUD Mengajar. Foto: Malik Maulana

Bunda PAUD Mengajar merupakan program kerja dari Pokja Bunda PAUD yang pada bulan September ini Bunda PAUD dari tingkat kota hingga kecamatan mengajar di jenjang kelompok bermain sampai SD kelas 1 dan secara serentak berlangsung di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Penempatan Bunda PAUD Mengajar berkolaborasi dengan Sudin Pendidikan Wilayah 1 dan 2 Kota Administrasi Jakarta Pusat. Program ini juga sesuai instruksi kementerian pendidikan dengan Gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

Ketua Bunda PAUD Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah berkesempatan mengajar di Kelompok Bermain (KB) Istiqlal, Raudhatul Athfal (RA) Istiqlal, dan Madrasah Ibtidaiyah (MI) Istiqlal, di Kompleks Masjid Istiqlal, Kelurahan Pasar Baru, Kecamatan Sawah Besar, Jakarta Pusat, Kamis (14/9).

Ucu mengajar di tingkat KB, anak-anak diberikan edukasi melalui cerita dongeng bertemakan brokoli. Sedangkan di tingkat RA, diberikan dongeng dengan tema kelapa. Tema sayuran ini dipilih untuk mengedukasi para siswa akan pentingnya makan sayur serta menjaga kesehatan mulut dan gigi.

"Nantinya semua Bunda PAUD dari tingkat kota dan kecamatan se-Jakarta Pusat bergerak langsung ke setiap satuan pendidikan memberikan penyegaran ataupun kegiatan mengajar yang menyenangkan," jelasnya didampingi Sekretaris Pokja Bunda Paud Herlina Iqbal.

"Kita harapkan gerakan Transisi PAUD ke SD yang menyenangkan ini bisa memenuhi enam Elemen Pondasi Dasar (mengenal nilai agama dan budi pekerti, keterampilan sosial dan bahasa, kematangan emosi, kematangan kognitif, pengembangan keterampilan motorik dan perawatan diri, serta pemaknaan belajar adalah suatu hal yang menyenangkan dan positif) pada anak usia dini," imbuhnya.

Program ini, lanjut Ucu, nantinya juga sebagai kegiatan tambahan pada Apresiasi Bunda PAUD Tingkat Nasional mendatang.

Ucu juga berharap, dengan program Bunda PAUD Mengajar ini dapat ikut andil merasakan menjadi guru, serta dapat bersilaturahmi kepada anak-anak.

“Pendidikan adalah tanggung jawab bersama kepada generasi dalam hal ini anak-anak yang perlu disemangati dan bagaimana supaya mereka belajarnya bahagia,” harapnya.

Pada kegiatan ini turut dihadiri, Kasudin Pendidikan Wilayah 1 Rona Eveliner Sianipar, dan Kasudin Pendidikan Wilayah 2 Bambang Eko Prabowo.