Puskesmas Cempaka Putih Gelar HAN di Green Pramuka Mal

Reporter: Malik Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Hari Anak Nasional di Green Pramuka Mal, Jakarta Pusat, Selasa (1/8). Foto: Malik Maulana

Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih menggelar acara perayaan Hari Anak Nasional (HKN) Tahun 2023 dengan mengangkat tema “Anak Terlindungi, Indonesia Maju" di Green Pramuka Mal, Jakarta Pusat, Selasa (1/8).

Penyelengaraan HKN ini merupakan peringatan ke-39 berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 44 tahun 1984, yang disahkan pada tanggal 19 Juli 1984. Penyelengaraan momentum ini sebagai bentuk penghormatan, perlindungan, dan pemenuhan hak anak sebagai generasi penerus bangsa.

"Tujuan diselenggarakannya acara ini untuk meningkatkan peran pelopor dan pelapor dalam rangka menciptakan lingkungan aman serta nyaman untuk anak. Penciptaan ruang berkualitas dalam meningkatkan pengasuhan keluarga sebagai upaya pencegahan kekerasan dan eksploitasi anak, pemberian edukasi baik untuk anak serta pemberdayaan ekonomi keluarga," kata Kepala Puskesmas Cempaka Putih Murni Luciana di lokasi. 

Murni berharap dengan memperingati HAN menjadi pengingat untuk pemerintah, lembaga pemerhati anak dan masyarakat luar agar menciptakan lingkungan yang aman, nyaman, dan memastikan tumbuh kembang anak berjalan dengan optimal. 

Di tempat yang sama, Camat Cempaka Putih Fauzi menambahkan, peringatan HAN menjadi pengingat bagi orang tua dan semua orang memiliki tanggung jawab dalam memenuhi hak-hak anak serta melakukan perlindungan kepada anak. 

"Peran kita mempunyai tanggung jawab yang sama agar anak bisa tumbuh secara sehat untuk mempersiapkan mereka sebagai generasi emas untuk Indonesia pada tahun 2045," jelasnya.

Untuk diketahui, kegiatan ini dihadiri para siswa dari mulai TK sampai dengan SD, para orang tua, dan ada rangkaian acara seperti pentas seni, peluncuran inovasi tumbuh kembang dari Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih serta lomba-lomba menarik.