Puskesmas Keliling Periksa Kesehatan Warga Rusun Tanah Tinggi

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Pemeriksaan kesehatan di di Pos RW 14 Rusun Tanah Tinggi. Foto: pusat.jakarta.go.id

Kelurahan Tanah Tinggi mengadakan Puskesmas Keliling (Pusling) untuk melayani konsultasi serta pemeriksaan kesehatan bagi warga RW 14, Kecamatan Johar Baru, Jakarta Pusat, Jumat (3/11). 

Pusling ini kolaborasi antara kelurahan, Puskesmas Tanah Tinggi, dan Puskesmas Johar Baru, yang berlangsung di Pos RW 14 Rusun Tanah Tinggi. 

Lurah Tanah Tinggi Nino Ardiansyah menjelaskan, Pusling ini sebagai bentuk antisipasi terhadap kesehatan tubuh di tengah kondisi cuaca Jakarta yang begitu panas.

"Pemeriksaan kesehatan ini diikuti oleh warga Rusun Tanah Tinggi dengan membawa KTP atau kartu BPJS. Ada 10 tenaga kesehatan melayani konsultasi serta pemeriksaan kesehatan dan juga pemberian obat bagi warga rusun," katanya, didampingi Kapuskes Pembantu Tanah Tinggi drg. Arfianita Rachman. 

“Tadi antusias warga cukup tinggi, dari pihak RW juga banyak bantu, di woro-woro kepada warga, kebanyakan masalah kesehatannya yang diderita hipertensi, selain itu tadi juga diberi masker untuk para warga agar terhindar dari polusi udara,” imbuhnya.

Selain pemeriksaan kesehatan bagi penghuni Rusun Tanah Tinggi, lanjut Nino, pihaknya juga menyusuri bangunan rusun untuk mengedukasi warga yang menjual makanan agar makannya ditutup supaya tetap higienis dan terhindar dari debu. 

Tidak berhenti sampai di situ, lurah beserta jajaran terkait sempat mengunjungi murid PAUD Wildan Ceria yang berlokasi di tengah Rusun Tanah Tinggi. Pada kesempatan tersebut, para murid diajarkan etika saat batuk, cara mencuci tangan, dan menjaga pola makan sehat.

"Saya berharap warganya yang tinggal di Rusun Tanah Tinggi dapat menjaga kesehatan sehingga bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan maksimal," tandasnya.