Puskesmas Senen Perkenalkan Tiga Inovasi Pelayanan Publik dalam Verlap

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Verifikasi Lapangan (Verlap) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023. Foto: Malik Maulana

Jajaran Puskesmas Kecamatan Senen memperkenalkan tiga inovasi kesehatan dalam kegiatan Verifikasi Lapangan (Verlap) Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (KIPP) 2023 yang dilakukan oleh Tim Panel Independen (TPI) Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemen PAN-RB), pada Selasa (25/7).

Kepala Puskesmas Kecamatan Senen Hayfa dalam kesempatan tersebut mengungkapkan, tiga inovasi tersebut adalah Agen Super Women, mobil Hibicus 2 dan Motor Bunga Indah.

"Jadi hari ini kami memaparkan rangkaian dari inovasi cek dan sadari. Rangkaian dari inovasi cek dan sadari itu dimulai dari tahun 2016 dengan mobil hibiscus pertama, meningkatkan capaian pemeriksaan IVA Puskesmas Kecamatan Senen dari 5,4 menjadi 14 persen dari capaian tersebut pada tahun 2018 dari 14 persen meningkat menjadi 16,56 persen," ucap Hayfa.

Kemudian, lanjutnya, untuk semakin meningkatkan pemeriksaan IVA test pada wanita subur, pada tahun 2019 dibentuk agen super woman yang terdiri dari ibu-ibu PKK yang dilengkapi mobil hibiscus dua pada tahun 2021.

Selanjutnya inovasi berlanjut dengan menciptakan motor bunga indah yang merupakan modifikasi sepeda motor dengan kursi roda yang menjadi alat pemeriksa IVA, sehingga dapat menjangkau wilayah yang sulit dan membantu warga warga yang difabel.

"Saat ini untuk mobil ada 2 unit hibiscus 1 dan hibiscus 2 dan motor 1 tapi untuk motor ini karena inovasi ini baru di tahun 2022 kita berencana akan mengaplikasikannya agar lebih banyak setiap kelurahan," jelasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Senen Erlisa Suroso menjelaskan, agen super women yang menjadi salah satu inovasi kesehatan ini terdiri dari 96 kader iva, 30 kader PKK, 14 tenaga kesehatan, dan 11 orang lintas sektor yang tentunya ikut berperan serta dalam membantu untuk meningkatkan cakupan IVA di wilayah Kecamatan Senen.

"Jadi kami semua berkolaborasi dari mulai dari pendataan wanita usia subur kemudian kami melaksanakan sosialisasi secara bersama sama kepada masyarakat tentang kanker serviks dan pentingnya IVA test, dan melaksanakan pendampingan apabila ada masyarakat yang memiliki masalah kesehatan," jelasnya.

Sebagai informasi, Kemen PAN-RB melakukan verifikasi lapangan terhadap inovasi Cek dan Sadari Puskesmas Kecamatan Senen, Jakarta Pusat. Verifikasi lapangan secara daring ini dilakukan sebagai tahapan Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2023.