Renovasi RPTRA Anggrek Rampung Maret

Reporter: Zaki | Editor: Shendy Adam

Renovasi RPTRA Anggrek Rampung Maret. Foto: Zaki

Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Anggrek yang berlokasi di Jalan Jl. Rawasari Selatan No.1 RT 16 RW 02 Cempaka Putih Timur saat ini tengah dalam proses renovasi. Sesuai lini masa, pekerjaan ditargetkan akan selesai pada bulan Maret 2023 ini.

 

Lurah Cempaka Putih Timur, Shinta Purnama Sari mengatakan  RPTRA Anggrek memiliki luas sekitar 1000 meter persegi. Ruang publik ini dibangun pada 2019, kemudian diresmikan pada 2020. Menurutnya, renovasi dilakukan untuk menunjang aktivitas pengunjung RPTRA yang cukup tinggi, terlebih setelah meredanya covid-19.

 

“Alhamdulillah kita dapat bantuan dari Yayasan Wahana Visi Indonesia sebagai CSR. Banyak fasilitas yang diperbaiki, di antaranya lapangan futsal, area taman, pembuatan pagar belakang, peninggian area bermain, dan juga atap ruang pengelola ikut diperbaiki,” ungkap Shinta didampingi Kepala Seksi Kesejahteraan Rakyat Kelurahan Cempaka Putih Timur, Yatna Supriatna.


Shinta menambahkan, selama masa renovasi RPTRA tidak ditutup, tetapi area-area yang masih dalam perbaikan, untuk sementara tidak dapat dipergunakan. “Renovasi sudah dimulai pada minggu akhir Januari ini dan ditargetkan akan rampung pada awal Maret mendatang. Nantinya kalau sudah selesai semua, warga dapat kembali menikmati RPTRA secara menyeluruh,” imbuhnya.

 

Sementara itu, team leader project Yayasan Wahana Visi Indonesia, Yonathan L. Prasha menuturkan untuk pengerjaan di RPTRA ini dibantu enam orang tukang dan nantinya disesuaikan dengan kebutuhan pekerjaan.

 

Ia juga menambahkan, untuk bagian yang renovasi total ada di lapangan futsal dan atap bangunan yang juga difungsikan sebagai penampungan air hujan. “Jadi atap bangunan ini dibuat untuk menampung air hujan. Ini adalah hal yang baik, kita mencoba untuk memanen hujan, supaya air tanah kita juga semakin bertambah,” ujarnya.

 

Selain dalam hal renovasi bangunan RPTRA, Yayasan Wahana Visi Indonesia juga memberi bantuan berupa enam unit laptop dan pelatihan literasi digital yaitu pembelajaran mengenai coding kepada para pengunjung RPTRA Anggrek.

 

Kominfotik JP/Zaki