RSUD Cempaka Putih Gelar Pelayanan KB Gratis

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor, di RSUD Cempaka Putih, Rabu (14/6). Foto: Malik Maulana

Dalam rangka memperingati Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-30, Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) menggelar Pelayanan KB Serentak Sejuta Akseptor, di RSUD Cempaka Putih, Rabu (14/6).

Kepala BKKBN Hasto Wardoyo mengatakan, pelayanan sejuta akseptor ini serentak dilakukan se-Indonesia. "Hari ini kita mengadakan pelayanan sejuta akseptor yang dilakukan secara serentak di seluruh Indonesia dengan target 1,2 juta peserta KB se-Indonesia," katanya.

Menurut Hasto, selama pandemi Covid-19 yang lalu sangat banyak masyarakat yang ingin melakukan KB namun, belum terlayani.

"Jenis pelayanan KB di RSUD Cempaka Putih ini meliputi IUD (Intrauterine Device) dan Implan, kesemuanya bisa didapatkan secara gratis," ucapnya.

Hasto berharap dengan adanya kegiatan ini dapat mencegah terjadinya stunting atau tengkes, karena salah satu penyebab adalah jarak kelahiran yang terlalu dekat.

Di tempat yang sama, Kepala Suku Dinas Pemberdayaan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk (Kasudin PPAPP) Kota Administrasi Jakarta Pusat Dwi Wahyu Riyanti menjelaskan, bahwa pelayanan KB dari delapan kecamatan dan 44 kelurahan yang kesemuanya diambil akseptor di masing-masing wilayah. 

"Semua warga yang membutuhkan pelayanan di RSUD Cempaka Putih dilayani secara gratis. Ada 24 akseptor yang diambil dari masing-masing wilayah. Dan hari ini sudah ada 24 yang terjadwal melakukan KB," jelasnya.  

Dia melanjutkan, kegiatan pelayanan KB ini dilakukan hanya satu hari saja. "Jadi buat warga Jakarta Pusat yang ingin melakukan KB bisa datang ke RSUD Cempaka Putih, pelayanan KB ini gratis,"  tandasnya.