RW 03 Kampung Bali Menuju Proklim Madya

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Pendampingan dan pembinaan calon proklim di wilayah Kelurahan Kampung Bali. Foto: Malik Maulana

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan kegiatan pendampingan dan pembinaan Calon Proklim Provinsi atau Madya, di RW 03 Kelurahan Kampung Bali, Kecamatan Tanah Abang, Selasa (4/7).

Kepala Seksi Peran Serta Masyarakat Sudin LH Kota Administrasi Jakarta Pusat Binsar Siregar dalam kesempatan ini menjelaskan, kegiatan pendampingan dan pembinaan sudah termasuk supervisi terkait indikator penilaian yang akan diverifikasi oleh Kementerian Lingkungan Hidup.

"Ya, proklimnya Pratama tapi mau menuju ke Madya. Tapi harus memenuhi persyaratan seperti tadi kita bagi dua timnya, satu di lapangan, satu lagi untuk pengisian dokumen administrasinya," ujar Binsar.

Ia menuturkan, selain dokumen administrasi ada juga beberapa komponen lain yang harus dipenuhi yakni adaptasi, mitigasi, dan kelembagaan yang harus di kroscek baik melalui link website maupun di lapangan.

"Contoh kita sebutkan di sini ada gang hijau kita masukkan didokumen, dia akan cek adakah ini untuk gang hijaunya, dan seperti hidroponik kita masukkan di ldokumen, dia akan tahu ada tidak di sana (sesuai) dokumennya," terang Binsar.

Hasil dari verifikasi lapangan ini, menurutnya, untuk menentukan apakah RW tersebut layak untuk maju ke tingkat berikutnya (Madya) atau tidak, dan tentunya dengan harapan proklim ini dapat menjadi standar hidup masyarakat untuk mencintai lingkungan.

"Kita harus ingat, kita ini hidup tidak hanya untuk kita, kita perlu generasi berikutnya. Jadi kalau kita tidak ada lagi, generasi itu harus kita tinggalkan warisan lingkungan yang baik dan sehat, jadi kalau bisa semua bergerak dan tergerak hatinya untuk menata lingkungan," imbuhnya.

Sementara itu, Lurah Kampung Bali Ety Kusmiaty berharap dengan majunya RW 03 menuju Proklim Madya, dapat mengubah perilaku masyarakat untuk semakin mencintai lingkungan tempat tinggalnya.

"Kita mencoba untuk pengurangan sampah dari rumah tangganya, bagaimana pengolahan sampah, bagaimana ketahanan pangannya dengan hidroponik," ucap Ety.

Terkait persiapan, ia meminta dukungan dari berbagai elemen masyarakat di Kelurahan Kampung Bali sehingga, cita- cita untuk mencapai Proklim Madya dapat terlaksana.

"Jadi bukan hanya kinerja aparat kelurahan, kita menggandeng semua elemen yang ada di RW 03, di samping itu juga kita menggandeng CSR, dan mereka semua mendukung," pungkasnya.