Sambut Hari Ibu, Jakpus Gelar Bazar Enterprenuer Tingkat Kota

Reporter: Dwi Arif | Editor: Andreas Pamakayo

Wawali meninjau bazar Enterpreneur Tingkat Kota. Foto: Dwi Arif

Dalam rangka menyambut Hari Ibu, Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat melalui Suku Dinas Perindustrian, Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah (PPKUKM) berkolaborasi dengan Dekranasda, dan Baznas Bazis menggelar Bazar Jakarta Enterprenuer, di halaman kantor wali kota setempat.

Bazar Jakarta Enterprenuer akan berlangsung selama 2 hari dimulai dari tanggal 13 sampai dengan 14 Desember 2023. Bazar yang bertema 'Festival Hari Ibu, Merayakan Kekuatan Sejati Wanita' ini menampilkan 50 produk unggulan UMKM binaan Jakarta Enterprenuer (Jakpreneur), Dekranasda, dan PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat.

Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir dalam sambutannya mengatakan, festival ini diadakan sekaligus untuk membangkitkan jiwa Enterpreneur, terutama para binaan-binaan UMKM Jakarta Pusat.

"ini luar biasa, karena dalam rangka menyambut Hari Ibu pada tanggal 22 Desember nanti, untuk itu mari kita ramaikan acara bazar ini dan borong semuanya, nantinya juga ada doorprize bagi pembeli produk terbanyak," katanya.

Wawali juga mengimbau untuk dapat membangkitkan gairah ekonomi terutama melalui UMKM. Dia juga  memberikan apresiasi kepada para ibu-ibu yang hadir untuk ikut meramaikan acara ini dengan semangat.

"Saya berharap UMKM dan ekonomi kita semakin maju, berdampak, dan dapat memberikan kesejahteraan masyarakat khususnya di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat," ucapnya.

Di tempat yang sama, Kasudin PPKUKM Kota Administrasi Jakarta Pusat Tienda Damayanti menjelaskan, pelaksanaan bazar tingkat kota ini  menyajikan beragam tenant mulai dari kuliner, pakaian, kerajinan, hingga tanaman hias.

"Kegiatan bazar ini mengangkat tema festival Hari Ibu merayakan kekuatan sejati wanita. Adapun peserta yang turut berpartisipasi dalam kegiatan ini seluruhnya merupakan binaan dari Sudin PPKUKM Jakarta Pusat, Sudin Parekraf, Sudin Sosial, Sudin PPAPP, Sudin Nakertransgi, Sudin KPKP, Dekranasda, dan PKK," jelasnya.

Tienda menerangkan bahwa tujuan kegiatan bazar ini ialah untuk mengembangkan dan meningkatkan penumbuhan UMKM khususnya di wilayah Jakarta Pusat yang berkualitas dan handal melalui pola kemitraan yang berkelanjutan dalam bidang pemasaran.

"Produk UMKM diharapkan dapat menopang pertumbuhan dan pemerataan ekonomi secara merata, hasil yang diharapkan adalah Jakpreneur dapat mandiri dan berkembang sekaligus naik kelas, dan dapat bersaing di tingkat yang lebih tinggi," ucapnya.

Untuk diketahui, berbagai kegiatan juga dihadirkan dalam memeriahkan bazar kali ini seperti, Baznas Bazis Kota Administrasi Jakarta Pusat bersama Bank DKI menghadirkan 15 hadiah berupa doorprize kepada pembeli produk terbanyak pada bazar ini.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua Dekranasda Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah, Koordinator Bazis Baznas Kota Administrasi Jakarta Pusat Subarna, Kasudin PPAPP Kota Administrasi Jakarta Pusat Dwi Wahyu Riyanti, Kepala Bagian Umum dan Protokol Istya Sati Murmendyah, Camat Gambir Andri Ferdian, Wakil Camat Gambir Agus Triono, Wakil Camat Tanah Abang Dwiarti Indriyani Utami.