Sambut Ramadan, Sudin Parekraf Adakan Famtrip Wisata Religi

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Famtrip Wisata Religi Tahun 2023. Foto: Angga Rizkyanda

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengadakan Famtrip Wisata Religi Tahun 2023, dalam menyambut Bulan Suci Ramadan 1444 H.

Titik kumpul famtrip (pengenalan destinasi wisata Jakarta Pusat) diawali dengan Museum Prasasti, di Jalan Tanah Abang I, Gambir, Sabtu (4/3). Para peserta diajak berkeliling museum mengenal tokoh bersejarah yang ada di Museum Prasasti.

"Famtrip wisata religi ini dalam rangka menyambut bulan Ramadan, untuk mengenalkan destinasi pariwisata yang ada di Jakarta Pusat," kata Kepala Suku Dinas (Kasudin) Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Shinta Nindyawati didampingi Kasie Promosi dan Aktraksi Sudin Parekraf Kota Jakarta Pusat Eva.

Menurutnya, famtrip ini diikuti peserta dari unsur Abang None Jakpus, komunitas, content kreator, media, panti sosial remaja, dan masyarakat umum.

"Ada sebanyak 60 peserta yang mengikuti wisata religi ini. Dengan mengajak mereka kami berkeinginan mewujudkan wisata famtrip ini dalam kegiatan publikasi yang masif dan agresif," ucapnya.

Selain diajak kilas balik sejarah di Museum Prasasti, para peserta juga menjelajahi Museum Nasional, Masjid Sunda Kelapa, Masjid Cut Mutia, dan Masjid Istiqlal.

"Banyak cerita dan kisah dari masjid yang merupakan perkembangan agama Islam di Jakarta. Diharapkan para peserta dapat mengenalkan wisata religi dan bersejarah di Jakarta Pusat," tutur Shinta.

Jakarta Pusat, lanjutnya, memiliki posisi dan letak yang sangat strategis sebagai potensi wisata kuliner, ziarah, religi, urban, dan gedung-gedung pencakar langit yang dapat dikunjungi wisatawan.

"Semoga potensi pariwisata ini dapat dikembangkan agar daya saing di Jakarta Pusat menjadi lebih meningkat," jelasnya.

Puncak acara famtrip wisata religi berlangsung di Masjid Istiqlal. Ada berbagai acara seperti, tausiyah, musik religi, dan talk show. Dimeriahkan El-Ali Arabian Music, dan Ustad Aa Hadi Wibawa.

Hadir dalam kegiatan ini, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting, Kepala Bagian Perekonomian Kota Administrasi Jakarta Pusat Yassin Pasaribu, dan jajaran terkait lainnya.