Sebanyak 1.205 Peserta Mengikuti Kejuaraan Pencak Silat

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Kejuaraan Pencak Silat Jakarta Pusat Championship 6. Foto: Malik Maulana

Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olahraga (Kasudin Pora) membuka kejuaraan Pencak Silat Jakarta Pusat Championship 6 yang diikuti 1.205 peserta, di GOR Cempaka Putih, Jalan Cempaka Putih Tengah XXXI No.31, RT 09/ RW 07, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Sabtu (25/2).

Kasudin Pora Kota Administrasi Jakarta Pusat Makmur megungkapkan, kejuaraan ini sangat baik untuk pembinaan, khususnya cabang olahraga pencak silat di Jakarta Pusat (Jakpus).

"Cabang olahraga pencak silat ini berasal dari Indonesia, siapa lagi kalau bukan kita yang melestarikan.  Sumbangsih pencak silat, khususnya di tingkat internasional adalah sangat baik sekali," ujar Makmur.

Dia berharap, kejuaraan ini yang diikuti 1.205 peserta dari wilayah Jakarta Pusat, bisa menjadi salah satu cara menemukan bibit baru pencak silat yang nantinya akan naik jenjang ke tingkat berikutnya.

"Mudah-mudahan kejuaraan pencak silat yang diikuti 1.205 peserta ini akan muncul bibit terbaik yang bisa mewakili Jakpus dan mewakili DKI di Popnas Tahun 2023 di Sumatera Selatan," harapnya.

Sementara itu, Ketua Umum Pengprov Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Fajar Panjaitan menyebut, event seperti ini pada dasarnya merupakan cikal bakal menjaring atlet muda untuk dijadikan atlet Pelatda yang mewakili Pemprov DKI Jakarta.

"Ya dari sini kita akan melakukan Kejurda, dari Kejurda itu nanti kita akan memilih atlet yang akan mewakili Pemprov DKI maju ke tingkat nasional," terangnya.

Untuk diketahui, kejuaraan pencak silat Jakarta Pusat Championship 6 ini digelar pada tanggal 24-26 Februari 2023.