Sebanyak 24 RW Ikut Sosialisasi Menuju Proklim Utama dan Lestari Tahun 2023

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi strategi pencapaian menuju proklim utama dan lestari tahun 2023. Foto: Wisnu Magang

Suku Dinas Lingkungan Hidup (Sudin LH) Kota Administrasi Jakarta Pusat melaksanakan kegiatan sosialisasi strategi pencapaian menuju proklim utama dan lestari tahun 2023, di Desa Wisata Kampung Samtama, RW 03, Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Selasa (7/3).

Sub Koordinasi LH Kota Administrasi Jakarta Pusat Budi Kristina mengatakan, proklim ini merupakan kegiatan prioritas dari Pemerintah Kota (Pemkot).

Alhamdulillah tahun 2022 lalu wilayah Jakarta Pusat yang diwakili RT 03 Cempaka Putih Timur menerima penghargaan proklim lestari, ini artinya capaian tertinggi untuk ajang proklim atau program kampung iklim,” katanya.

Lanjut, Budi Kristina berharap dengan adanya sosialisasi ini dapat mengetuk tularkan kepada RW lain terkait ilmu dan juga pengalamannya sehingga, RW lain dapat menyusul sebagai proklim utama ataupun proklim lestari.

Sementara itu, Plt Kasudin LH Kota Administrasi Jakarta Pusat Edy Mulyanto menjelaskan, untuk proklim utama atau tingkat nasional ada 21 RW yang akan dimajukan, sedangkan proklim lestari ada 3 RW, total ada 24 RW yang akan dibina.

Edy menambahkan, proklim ini merupakan aksi nyata dari ruang lingkup RW terhadap perubahan iklim. Sebetulnya ini bukan lomba tetapi, semacam pembinaan untuk mengajarkan masyarakat dari ruang lingkup RW agar mampu bertahan dalam perubahan iklim yang kian masif.

“Hari ini kita berikan kisi-kisi kepada perwakilan 24 RW, jadi nanti ada verifikasi lapangan yang akan dinilai langsung dari Kementerian Lingkungan Hidup Republik Indonesia,” tutupnya.