Sebanyak 400 Personel Ikut Apel Gabungan di Blok G Pasar Tanah Abang

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Apel gabungan di Blok G, Pasar Tanah Abang, Selasa (11/4) pagi. Foto: Maulana

Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat bersama Satuan Polisi (Satpol) Pamong Praja (PP) Provinsi DKI Jakarta melaksanakan apel gabungan di Blok G, Pasar Tanah Abang, Selasa (11/4) pagi.

Apel gabungan ini dilakukan dalam rangka menjaga ketertiban dan kenyamanan, serta terciptanya situasi yang kondusif disekitar Pasar Tanah Abang guna menyambut Hari Raya Idulfitri 1444 H/2023.

Wakil Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Chaidir mengatakan, apel ini merupakan tindak lanjut dari arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta untuk menjaga kenyamanan dan ketertiban di lingkungan Pasar Tanah Abang.

"Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat khususnya yang ingin berbelanja memenuhi kebutuhan di Hari Raya idulfitri," ucapnya.

Menurutnya, setelah apel ini dilakukan tidak ada penindakan apapun, hanya melakukan pembinaan kepada para pedagang dengan cara persuasif dan humanis.

"Kita tidak melakukan penertiban, kita hanya melakukan pembinaan terhadap para pedagang," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasatpol PP) DKI Jakarta Arifin menjelaskan, bahwa kegiatan apel pada pagi ini bukan hanya seremonial belaka melainkan suatu kegiatan yang dilakukan untuk menjaga kawasan Pasar Tanah Abang menjadi tertib tentunya dengan kemampuan, kesungguhan, dan kepedulian.

"Saya ingatkan bahwa apel pagi ini bukan hanya kegiatan seremonial belaka tetapi apel ini harus dikonkretkan dengan kemampuan, kesungguhan, dan kepedulian kita", ucapnya dihadapan para peserta apel.

Arifin mengucapkan terima kasih kepada semua jajaran yang terlibat karena sudah membantu menjaga ketertiban Pasar Tanah Abang.

"Semua yang terlibat di sini saya ucapkan terima kasih dukungan dari satuan TNI maupun kepolisian, kita mempunyai tujuan yang sama yaitu menjaga Pasar Tanah Abang ini menjadi lebih tertib," katanya. 

Perlu diketahui bahwa apel gabungan ini diikuti oleh 400 personel yang terdiri dari Camat Tanah Abang, Satpol-PP, Dishub, PPSU, Bina Marga, SDA, Pertanaman, TNI, Polri, Tokoh Masyarakat, FKDM, LMK, serta lurah se-Kecamatan Tanah Abang.