Sekko Hadiri Acara Pembukaan Muswil ke-22 Muhammadiyah DKI Jakarta

Reporter: Angga Rizkyanda | Editor: Andreas Pamakayo

Pembukaan muswil ke-22 Muhammadiyah DKI Jakarta. Foto: Angga Rizkyanda

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mendampingi Pj Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menghadiri acara pembukaan musyawarah wilayah (muswil) ke-22 Muhammadiyah DKI Jakarta, di Gelanggang Olahraga (GOR) Cempaka Putih, Sabtu (11/3).

Acara muswil ke-22 Muhammadiyah DKI Jakarta berlangsung selama 2 hari hingga tanggal 12 Maret 2023 dengan mengusung tema “Sinergi Jakarta, Mencerahkan Bangsa dan Niat Beribadah, Tunaikan Amanah, Perkuat Ukhuwah”.

Acara ini diawali dengan penampilan tari saman dan juga dimeriahkan dengan penampilan lainnya, seperti tari Ondel-ondel Betawi, pembacaan ayat suci Al-Qur’an, dan penampilan tapak suci putera Muhammadiyah Jakarta Pusat.

Iqbal mengatakan, acara ini merupakan agenda tahunan untuk menyatukan dan memperkuat visi dan misi Muhammadiyah.

“Dengan adanya muswil ini, harapannya semoga Muhammadiyah dapat bersinergi dengan pemerintah. Terutama dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua Panitia Musyawarah Wilayah Muhammadiyah H Agus Salim menjelaskan, musyawarah wilayah ini dihadiri oleh anggota dan peserta musyawarah yang memiliki hak pilih untuk periode kepengurusan baru tahun 2022-2027.

Alhamdulillah, hadir 259 orang pemilik hak pilih dari pimpinan daerah, pimpinan cabang, pimpinan ranting, serta dari 19 majelis, dan Organisasi Otonom (Ortom) Muhammadiyah,” jelasnya.

Di tempat yang sama, Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DKI Jakarta Sun'an Miskan menuturkan, musyawarah wilayah ini terpaksa tertunda 2 tahun karena musibah virus Covid-19.

Ia juga berharap, para pimpinan dan tokoh masyarakat Jakarta terus bisa bekerja sama dan bersinergi untuk bersama-sama menyelesaikan program Muhammadiyah dan program pemerintah.

“Untuk periode kepengurusan baru tahun 2022-2027 semangat juga harus terus dilanjutkan dan digelorakan,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Pimpinan Pusat Muhammadiyah Busyro Muqoddas juga berharap, musyawarah wilayah ini dapat menghasilkan pimpinan yang semakin mempertegas visi Muhammadiyah.

“Semoga, pergerakan Muhammadiyah di DKI Jakarta juga semakin memiliki soliditas, sinergitas, kaderisasi berjalan dengan tertib, dan regenerasi berjalan lancar. Sehingga, jika semua pihak memerlukan peran Muhammadiyah, maka Muhammadiyah bisa memenuhi harapan-harapan itu,” tutupnya.

Sebagai informasi, acara ini turut dihadiri oleh Camat Cempaka Putih Fauzi, Organisasi Keagamaan di DKI Jakarta, serta Anggota Muhammadiyah se-DKI Jakarta.