Sekko Hadiri Kick Off Inventarisasi BMD Tahun Anggaran 2023

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Sekko menerima barcode inventarisasi BMD dari Sekda. Foto: Berlian Sigit

Sekretaris Kota (Sekko) Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin menghadiri acara kick off Inventarisasi Barang Milik Daerah (BMD) Tahun Anggaran 2023.

Acara tersebut dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) DKI Jakarta Joko Agus Setyono, di Ruang Pola Lantai 2, Balaikota, Rabu (7/6).

Dalam sambutannya, Joko mengatakan dengan adanya inventarisasi ini diharapkan bisa memetakan dan memiliki data yang lengkap mengenai aset.

"Dengan inventarisasi seperti ini kita harap bisa memetakan, bisa memiliki data yang lengkap mengenai aset sehingga, kita bisa merencanakan dan memanfaatkan aset tersebut dengan baik," kata Joko.

Menurutnya, saat ini pendapatan DKI Jakarta sangat bergantung pada pajak daerah.

Di tempat yang sama, Sekko Administrasi Jakarta Pusat Iqbal Akbarudin mengatakan, tujuan dari kick off inventarisasi BMD ini yaitu, untuk melakukan sensus barang milik daerah secara bertahap yang dimulai dari tahun 2023 hingga 2027.

"Di tahun 2023 ini kita diharapkan untuk menuntaskan sensus barang milik daerah untuk gedung dan bangunan," ucapnya.

Pada kesempatan tersebut Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat juga menerima barcode inventarisasi BMD yang diberikan langsung oleh Sekda DKI Jakarta.

"Barcode itu adalah untuk mengidentifikasikan seluruh rangkaian pelaksanaan sensus yang kita lakukan, dan barcode tersebut merupakan salah satu bukti untuk dapat dilanjutkan kepada catatan aset pemerintah daerah," katanya.

Setelah acara kick off ini selesai, lanjut Iqbal, pihaknya akan mempersiapkan kegiatan inventarisasi barang milik daerah bagi UKPD khususnya di wilayah Jakarta Pusat.

"Setelah ini kita juga akan mempersiapkan kegiatan inventarisasi barang milik daerah khususnya di Jakarta Pusat yang akan kita lakukan pada tahun 2023 ini, nanti ada beberapa ketentuan yang akan dipersiapkan untuk seluruh UKPD yang ada di Jakarta Pusat," tandasnya.