Siswa PAUD Belajar Mengenal Pekerjaan Pemadam Kebakaran

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Pengenalan pekerjaan petugas Sudin Gulkarmat. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas (Sudin) Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat) menerima kunjungan 19 siswa-siswi BKB PAUD Ar Raudhah untuk mengenal pekerjaan seorang pemadam kebakaran.

Kepala Seksi (Kasie) Sektor I Sudin Gulkarmat Kecamatan Gambir M. Taufik menjelaskan, pertama para siswa-siswi diperkenalkan akan tugas pokok, peralatan yang digunakan, dan juga tahap-tahap penyelamatan kebakaran maupun bencana lainnya yang kerap dilaksanakan dari Sudin Gulkarmat.

“Siswa akan diajak ke lantai 4 untuk diajarkan teorinya terlebih dahulu, kemudian pengenalan peralatan dan juga diselingi nonton bareng. Setelah itu, turun ke lantai dasar untuk permainan flying fox,” ujarnya, di Kantor Sudin Gulkarmat Kota Administrasi Jakarta Pusat, Jalan KH. Zainul Arifin, Kelurahan Duri Pulo, Kecamatan Gambir, Selasa (14/2). 

Taufik menambahkan, kedua para siswa PAUD kemudian diajak untuk menaiki unit mobil pemadam kebakaran dan biasanya diakhiri dengan praktik menyemprotkan air.

“Jadi untuk anak-anak dini kita utamakan edukasi melalui permainan yang mendidik dan dibalut dengan keceriaan. Sementara untuk orang tua murid atau ibunya kita berikan sosialisasi mengenai kompor gas atau yang berhubungan dengan rumah tangga,” katanya.

"Bagi instansi yang akan melakukan kunjungan, bisa bersurat sebelumnya, dan kemudian dilakukan penjadwalan," imbuhnya. 

Taufik juga berharap, kelak anak-anak ini dapat membantu tugas pemadam kebakaran dan yang terpenting akan bermanfaat ketika terjadi bencana di sekitar lingkungannya.

“Pemadam kebakaran itu memang jiwa-jiwa penyelamat, bukan hanya berjibaku dengan api namun, juga memiliki tugas seperti penyelamatan hewan, atau pelepasan cincin di jemari. Jadi, kita berharap ada jiwa-jiwa patriotisme kelak di diri para murid PAUD ini,” harapnya.

Di tempat yang sama, Tenaga Pendidik PAUD Ar Raudhah Karang Anyar Neneng mengaku, anak didiknya sangat senang mengikuti rangkaian acara yang dilaksanakan di Sudin Gulkarmat Jakarta Pusat. 

“Saya merasa puas selaku gurunya, pelayanannya sangat bagus, kita di sini sama-sama belajar menambah pengetahuan. Tadi saya menyimak juga masalah penanggulangan kalau ada gempa bumi, selain itu tata cara menggunakan baju pemadam kebakaran, dan nomor telepon yang bisa dihunbungi bila terjadi kebakaran di 112,” tutupnya.