Sosialisasi Sukses Pemilu 2024 Bagi Para Pemilih Pemula

Reporter: Mutiara Rizqy Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Sosialisasi Sukses Pemilu 2024 bagi para pemilih pemula. Foto: Angga Rizkyanda

Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol), Inspektorat Provinsi DKI Jakarta bekerja sama dengan jajaran Kota Administrasi Jakarta Pusat Kementerian Agama, Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu), dan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jakarta Pusat menyelenggarakan Sosialisasi Sukses Pemilu 2024 bagi para pemilih pemula.

Sosialisasi secara hibrid ini dihadiri luring oleh 100 pelajar Madrasah Aliyah dan  lebih dari 1.000 orang secara daring.

Dalam sambutannya, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Provinsi DKI Jakarta Taufan Bakri mengatakan bahwa maksud diadakannya pemilihan umum salah satunya karena negara harus mendapatkan pemimpin yang baik.

“Adanya pemilu ini karena kita harus mencari pemimpin yang baik dan kita juga harus berproses menjadi daerah yang kuat dipimpin oleh pemerintahan yang kuat untuk menghasilkan kebijakan-kebijakan yang kuat,” tuturnya, di Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Jakarta Pusat, Kelurahan Kebon Melati, Kecamatan Tanah Abang, Rabu (23/7) pagi.

Sementara itu, Kepala Kemenag Jakarta Pusat Affan Sofwan mengajak para siswa untuk berpartisipasi dalam pemilu 2024.

“Adik-adik harus menumbuhkan kesadaran sejak dini, bahwa kalian dilibatkan dan harus terlibat dalam proses demokrasi yang berjalan di Indonesia,” paparnya.

Dia juga berharap para siswa secara aktif mengikuti proses demokrasi di Indonesia yang mana harus melek informasi terkait pemilu 2024.

Untuk diketahui, dalam sosialisasi ini ada materi yang disampaikan oleh Ketua Divisi Sosialisasi Pendidikan Pemilih, Partisipasi Masyarakat, dan SDM KPU Jakarta Pusat Sahat Dohar Simanullang yang memaparkan materi terkait Tahapan dan Pelaksanaan Pemilu 2024 dalam Meningkatkan Partisipasi Pemilih.

Selain itu, perwakilan dari Bawaslu Jakarta Pusat turut hadir dan juga memaparkan materi terkait Pengawasan Partisipatif dalam Pemilu 2024.

Kegiatan ini diselenggarakan untuk para pemilih pemula dapat berpartisipasi aktif menyumbangkan suaranya dalam pelaksanaan pemilu yang akan diselenggarakan pada 14 Februari 2024 mendatang.