Sudin Dukcapil Buka Pelayanan di SMKS 1 Jakarta Pusat

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Proses perekaman sidik jari. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Upaya mempermudah dan mempercepat pelayanan, Suku Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Sudin Dukcapil) Kota Administrasi Jakarta Pusat kembali melakukan jemput bola membuka akses perekaman KTP-el  pemula bagi para siswa SMA.

Seperti di SMKS 1 Jakarta Pusat, dalam satu hari ditargetkan 148 siswa ikut serta dalam pelayanan perekaman KTP-el.

Kasatpel Dukcapil Kelurahan Petojo Selatan Linda Anggraini mengatakan, kegiatan ini diperuntukan untuk siswa berusia minimum 16 tahun lebih 1 hari.

Linda menambahkan, ini upaya untuk mempermudah perekaman KTP-el, nantinya setelah siswa tersebut berusia 17 tahun, KTP-el tersebut bisa langsung diambil di kelurahan sesuai domisili tempat tinggalnya.

“Setelah sampai usia 17 tahun, hanya tinggal membawa fotokopi KK dan Akta Kelahiran untuk mengambil KTP-el. Tadi semua proses perekaman sudah dilakukan, ada perekaman sidik jari, iris mata, tanda tangan, serta foto,” ujar Linda.

Sementara itu, di lokasi yang sama, Kepala Sekolah SMKS 1 Jakarta Pusat Lilik Bintoro mengaku kegiatan ini sangat membantu para siswa tanpa menggangu kegiatan pembelajaran di sekolah.

Lanjut Lilik, nantinya KTP-el ini akan sangat berguna saat para siswa mengikuti PKL di luar sekolah.

“Karenakan SMK ini ada PKL, nah kartu pengenal ini sangat dibutuhkan, selain Kartu Pelajar, KTP-el juga dibutuhkan untuk pemenuhan administrasi dan juga berinteraksi dengan masyarakat,” tutupnya.