Sudin KPKP Kolaborasi Kementrian Pertanian Lakukan Pengawasan Pangan di Dua Lokasi

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Pengawasan pangan. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Dalam rangka menjamin penyediaan produk hewan yang Aman, Sehat, Utuh, dan Halal (ASUH) bagi masyarakat terutama bulan Ramadan dan Idulfitri. 

Suku Dinas Ketahanan Pangan, Kelautan dan Pertanian (Sudin KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat kolaborasi dengan Kementrian Pertanian melakukan pengawasan keamanan pangan dan ketersedian pangan yang ada di Pasar Gondangdia dan Papaya Fresh Gallery, Rabu (5/4).

"Pengawasan ini dalam rangka Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) menyambut Idulfitri," kata Ketua Koordinator Higiene Sanitasi dan Penerapan Direktorat jenderal Peternakan dan Kesehatan hewan Kementrian Pertanian Drh. Apri.

Menurutnya, higiene sanitasi di pasar dan ritel berbeda. Jika di pasar sesuai dengan keadaannya. Sedangkan di ritel sudah sesuai yang harus diterapkan di dan sudah mempunyai Nomor Kontrol Veteriner (NKV).

"Semoga pasokan cukup hingga Idulfitri dan harga terjangkau oleh masyarakat," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Seksi Peternakan dan Kesehatan Hewan Sudin KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Herawati menambahkan, pengecekan NKV di ritel sudah cukup baik dibanding 6 bulan lalu.

"Hasilnya sudah cukup baik dibanding 6 bulan lalu. Sekarang sudah dipisah antar sayur dan hewani. Sudah ada tempat masing-masing," katanya.