Sudin KPKP Panen Pakcoy dan Membuat Smoothies

Reporter: Danar Pusung | Editor: Andreas Pamakayo

Panen pakcoy dan membuat smoothies. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Sudin Ketahanan Pangan, Kelautan, dan Pertanian (KPKP) Kota Administrasi Jakarta Pusat memanen pakcoy hidroponik dan membuat smoothies, di Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA) Kelurahan Cempaka Putih Timur, Kecamatan Cempaka Putih, Jumat (10/3).

Kepala Suku Dinas KPKP Kota Administrasi Jakarta Pusat Penty Yunesi Pudyastuti mengatakan, panen hari ini sebanyak 100 lubang hidroponik dengan berat kurang lebih 15 kg. “Jadi hari ini kita panen pakcoy hidroponik sebanyak 100 lubang,” ujarnya. 

Nantinya, lanjut Penty, hasil panen akan dibuat smoothies sebagai salah satu cara agar anak-anak yang tidak suka sayur menjadi suka sayur.

“Hasil panen hari ini sebagian akan kita buat smoothies, ini adalah salah satu olahan menu sayuran yang bisa dipakai apabila anak kita tidak suka makan sayur,” ucapnya. 

Selain smoothies, pakcoy juga bisa diolah menjadi puding. Kedua olahan ini sangat cocok dijadikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) pada saat pelaksanaan posyandu. “Olahan ini biasanya kami jadikan PMT juga pada saat pelaksanaan posyandu,” tutup Penty.