Sudin Parekraf Gelar Bimtek Pengembangan Ekonomi Kreatif

Reporter: Rio Cornelianto | Editor: Andreas Pamakayo

Wawali membuka pengembangan ekonomi kreatif. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Sudin Parekraf) Kota Administrasi Jakarta Pusat menyelenggarakan seminar bimbingan teknis (bimtek) pengembangan ekonomi kreatif, di Grand Sahid Jaya Hotel, Jalan Jendral Sudirman, Kelurahan Karet Tengsin, Kecamatan Tanah Abang, Rabu (23/8).

Bimtek ini dibuka dan dihadiri Wakil Wali Kota (Wawali) Administrasi Jakarta Pusat Chaidir didampingi Kepala Suku Dinas (Kasudin) Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Wiwik Satriani, dan jajaran terkait lainnya. 

Wawali mengatakan dengan adanya bimtek para pelaku ekonomi kreatif dalam mengeluarkan produk dan mengikuti dinamika perkembangan tuntutan dari masyarakat terutama di era globalisasi.

"Bimtek ini akan membuat pelaku usaha kreatif dapat mengikuti dinamika perkembangan tuntutan dari masyarakat, harus bisa lebih kreatif menelurkan produk-produk jasa perekonomian sesuai dengan kebutuhan masyarakat terutama di era globalisasi ini," katanya. 

Menurut Chaidir, Jakarta Pusat merupakan kota central dari seluruh wilayah Jakarta dan masuk dalam destinasi kota wisata yang cukup banyak historis dan religius. Oleh karena itu, para pelaku ekonomi harus bisa mengikuti potensi-potensi yang ada.

"Wisata di Jakarta Pusat sangat banyak terutama kaitan dengan wisata historis dan religius. Pelaku ekonomi yang ada di wilayah Jakarta Pusat harus bisa mengikuti potensi-potensi dan mengikuti segment pasar yang ada seperti, potensi lokasi serta wisata religi. Begitupun historis tempat sejarah yang banyak di Jakarta Pusat," ucapnya. 

Sementara itu, Kepala Suku Dinas (Kasudin) Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Wiwik Satriani dalam laporannya menjelaskan, kegiatan bimtek akan berlangsung selama dua hari di tempat dan jam yang sama.

"Bimtek ini akan berlangsung selama dua hari (23-24 Agustus 2023) dengan tema Strategi Pengembangan dan Pemasaran Produk Pelaku Ekonomi Kreatif Melalui Digital," jelasnya. 

Peserta, lanjutnya, merupakan binaan Sudin Parekraf dengan dihadiri 70 peserta baik hari ini maupun besok. "Kita mengundang para pelaku ekonomi kreatif dari berbagai unsur bidang, jenis kegiatan ekonomi, mulai dari tata boga, jasa pariwisata hingga jasa seni yang merupakan binaan Sudin Parekraf," tandasnya.