Sudin Parekraf Jakpus Gelar Bimtek Digital Marketing Tingkat Lanjutan

Reporter: Farandy Purba | Editor: Andreas Pamakayo

Bimtek pengembangan kewirausahaan terpadu. Foto: Malik Maulana

Dalam rangka meningkatkan wawasan dalam menjalankan pemasaran produk binaan pariwisata dan ekonomi kreatif, Sudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat (Jakpus) menggelar bimbingan teknis (bimtek) pengembangan kewirausahaan terpadu dengan tema "Digital Marketing: Strategi Pemasaran Produk UMKM Tingkat Lanjutan" di salah satu hotel wilayah Kramat, Kecamatan Senen, Kamis (23/2).

Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting dalam agenda tersebut menerangkan, ini merupakan kegiatan pengembangan Jakpreneur oleh pengampu di Jakarta Pusat yang salah satunya dilakukan oleh Sudin Parekraf.

"Bimbingan teknis dengan sistem digital marketing ini, kita ingin melakukan strategi pemasaran UMKM itu tidak lagi hanya konvensional. Maka diundang-lah narasumber dari berbagai instansi untuk membuat suatu gerakan supaya pemasarannya itu lebih masif lagi," ujar Bakwan Ferizan Ginting di lokasi.

Menurutnya, persoalan umum yang sering terjadi pada pelaku UMKM yaitu, kurangnya kemampuan dalam memasarkan suatu produk, yang menyebabkan penjualan menjadi tidak maksimal.

Oleh sebab itu, dia melihat bimtek ini sebagai momentum memberikan pengarahan kepada para pelaku UMKM supaya usaha para pelaku ekonomi kreatif semakin berkembang.

"Sebenarnya kalau marketing itu kan bagaimana seninya juga ya, seni dalam memasarkan, dan ini tentunya ada triknya, bagaimana supaya orang itu tertarik," jelasnya.

Di tempat yang sama, Kasudin Parekraf Kota Administrasi Jakarta Pusat Shinta Nindyawati mengatakan, materi yang disampaikan dalam bimtek digital marketing lanjutan ini lebih banyak mengenai praktik.

"Bagaimana membuat produk mereka dalam pemasaran secara digital, tentang foto, tentang bagaimana memasarkan melalui tiktok, video, dan lain sebagainya," terang Shinta.

Dalam bimtek ini, menurut Shinta, pihaknya sengaja mengundang beberapa narasumber handal untuk memenuhi kebutuhan pembinaan digital marketing kepada 75 pelaku ekraf yang hadir.

"Hari ini narasumbernya ada Ibu Nurina tentang kewirausahaan dari YAI, kemudian Bapak Trikariastoto tentang fotografi, ada Aidil Wicaksana anak muda yang memang bergerak di bidang digital marketing, dan Ibu Reni dari Dekranasda," Shinta mengungkapkan.

Dia berharap kegiatan bimtek ini dapat memberikan banyak manfaat kepada masyarakat terutama dalam memajukan ekonomi, baik ekonomi rumah tangga maupun ekonomi secara mandiri.

Penyelenggaran bimtek ini ternyata mendapatkan apresiasi dari para pelaku ekonomi kreatif yang terlibat. Niza, seorang pengusaha di bidang kuliner dan fashion merasa selama ini dirinya kurang maksimal dalam memasarkan produk usahanya.

"Seru sih ya, jadi yang sebelum sebelumnya aku cuma kayak promosi di tiktok yang ala kadarnya aja gitu, jadi sekarang lebih oh tau deh caranya gini untuk lebih promosi produk aku sendiri," ucapnya.

"Mudah-mudahan penjualan makin meningkat, ilmunya juga bermanfaat, terus juga buat teman-teman yang lain usaha juga makin naik," pungkasnya.