Sudin Pendidikan JP 1 Berikan Bantuan Bagi 56 Siswa Penyintas Kebakaran

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Penyerahan bantuan bagi siswa penyintas kebakaran. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Suku Dinas Pendidikan Wilayah I Jakarta Pusat menyerahkan bantuan uang tunai kepada 56 siswa-siswi penyintas kebakaran Jalan Kebon Jahe, Gang Kober II, Kelurahan Petojo Selatan, Kecamatan Gambir.

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma bersama Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo, didampingi Kasudin Pendidikan JP I Rona secara langsung memberikan bantuan tersebut, di Halaman Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jumat (1/9).

Dhany menjelaskan, bantuan ini merupakan hasil penghimpunan dana dari Sudin Pendidikan JP 1 yang diserahkan kepada para siswa mulai dari tingkat SD, SMP, dan SMA yang ada di Jakarta Pusat.

Dana yang terhimpun sebesar 91 juta, sementara setiap penyintas diberikan bantuan sebesar Rp1.000.000.

“Total yang diberikan sebanyak 56 juta, dan sisanya sebanyak 35 juta diserahkan kepada Baznas Bazis Kota Jakarta Pusat untuk dimanfaatkan kembali bagi para penyintas lainnya yang terdampak. Nanti akan kita lihat kebutuhan apalagi yang diperlukan,” ujarnya.

“Selain dari Pendidikan JP 1, banyak UKPD lain yang memberikan bantuan, kemarin juga ada dari Sudin Pendidikan JP 2 yang langsung memberikan kepada Bazis Baznas Jakarta Pusat, jadi kita ingin semua bantuan satu pintu di Baznas Bazis, setelah ini yang melakukan intervensi dari baznas bazis, pemerintah hanya menghimpun bantuannya saja,” imbuhnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pendidikan DKI Jakarta Purwosusilo mengatakan, kegiatan ini merupakan pendidikan dan pengembangan karakter bagi peserta didik yaitu, karakter gotong royong, simpati, peduli, empati, dan berbagi.

“Untuk para anak yang menjadi korban bencana kebakaran agar tetap semangat, ini merupakan cobaan yang harus tetap dilalui, yang paling penting adalah para siswa-siswi harus tetap semangat belajar,” tandasnya.