Sudin Pusip Jakpus Gelar Bimtek Pengelolaan Kearsipan Sekolah

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Bimtek Pengelola Kearsipan Sekolah. Foto: pusat.jakarta.go.id

Suku Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Sudin Pusip) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengadakan kegiatan bimbingan teknis (bimtek) Pengembangan dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SDM) Pengelola Kearsipan Sekolah.

Kegiatan yang diikuti sebanyak 100 orang ini menghadirkan peserta yang berasal dari pengelola kearsipan sekolah dari SD sampai dengan SMK baik sekolah swasta maupun negeri di wilayah Kota Administrasi Jakarta Pusat. 

Kasudin Pusip Kota Administrasi Jakarta Pusat Irwan Septinadi mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mewujudkan pengelolaan arsip yang benar di lingkungan sekolah sesuai aturan serta tercapainya kesamaan sistem pengelolaan arsip yang tertib dan teratur sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Kita sama-sama berharap dari kegiatan ini agar pengelola administrasi maupun operator di sekolah menjadi lebih paham tentang cara pengelolaan arsip dinamis yang benar sesuai dengan aturan perundangan serta, dapat meningkatkan penggunaan dan pemanfaatan arsip lebih baik guna mendukung kegiatan di sekolah masing-masing,” ujarnya, Kantor Pusip, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Jakarta Pusat, Selasa (22/8). 

Sebagai informasi, bimtek ini menghadirkan narasumber dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) sebanyak dua orang yaitu, Dwi Hening Cipto sebagai Arsiparis Madya ANRI dan Irma Karimatun sebagai Arsiparis Muda ANRI.

Dalam kegiatan ini, kedua narasumber tersebut memaparkan terkait pengelolaan arsip dinamis dan juga pengelolaan arsip inaktif serta peyusutan arsip.