Tampung Aspirasi, Musyawarah Masyarakat Desa Digelar

Reporter: Zaki Ahmad Thohir | Editor: Andreas Pamakayo

Puskesmas Kelurahan Cempaka Putih Timur menggelar Musyawarah Masyarakat Desa. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Puskesmas Kelurahan Cempaka Putih Timur menggelar Musyawarah Masyarakat Desa (MMD) di aula kantor kelurahan setempat, Selasa (17/1).

Kepala Puskesmas Kecamatan Cempaka Putih Murni Luciana Naibaho mengatakan, MMD ini bertujuan menggalang kesepakatan penyusunan rencana kerja, untuk menanggulangi masalah kesehatan prioritas yang sudah didapat dari hasil Survei Mawas Diri (SMD) pada Desember tahun lalu.

"MMD ini merupakan kegiatan rutin tahunan untuk menyerap aspirasi warga terkait permasalahan ataupun kebutuhan di bidang kesehatan," katanya didampingi Kepala Puskesmas Kelurahan Cempaka Putih Timur Fitrisia Rahma.

Menurutnya, masukkan aspirasi dari warga tersebut menjadi modal dalam menindaklanjuti permasalahan yang ada, dan juga bahan perencanaan kegiatan di tahun 2024 nanti.

“Tentunya permasalahan kesehatan itu tidak dapat berdiri sendiri dalam penyelesaiannya, butuh kolaborasi, integrasi dan komunikasi dengan lintas sektor lainnya, seperti contoh kasus stunting, bidang kesehatan hanya mengintervensi 30%, sedangkan 70% lainnya dari sektoral penunjang seperti PPAPP, KPKP, sosial, maupun Satlak Pendidikan,” ucapnya.

Dia juga berharap dengan perencanaan yang baik tentunya akan mencapai target indikator yang maksimal pula, terlebih mendapat masukan dari masyarakat  menjadi modal untuk pelayanan lebih optimal.

Sementara itu, Lurah Cempaka Putih Timur Shinta Purnama Sari mengatakan, pihaknya mengundang sekitar 50 warga yang terdiri dari anggota FKDM, RT/RW, Kader PKK, LMK, Karang Taruna serta kader Posyandu hadir dalam kegiatan ini untuk sama-sama berdiskusi menyatukan persepsi dalam pengusulan program tahun 2024.

Alhamdulillah untuk usulan tahun lalu akan terealisasi tahun ini, pihak puskes akan memfasilitasi perangkat-perangkat penunjang kegiatan posyandu lansia maupun anak seperti, alat ukur berat badan, tinggi badan, dan juga mengecek tensi darah,” tutupnya.