Terapkan Standar Aksesibilitas, Sudin Bina Marga Jakpus Revitalisasi Tiga Trotoar di Menteng

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Revitalisasi trotoar. Foto: Maulana

Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Pusat melakukan peningkatan atau revitalisasi trotoar di tiga jalan yang ada di wilayah Kecamatan Menteng, Jakarta Pusat.

Kepala Suku Dinas Bina Marga Kota Administrasi Jakarta Pusat Muhammad Soleh memaparkan tiga jalan tersebut yatu, Jalan Yusuf Adiwinata, Jalan Agus Salim dan Jalan H.O.S Cokroaminoto.

"Untuk di Jalan Yusuf Adiwinata sepanjang 535 meter persegi mulai dari tikungan Jalan Gereja Theresia hingga Jalan Agus Salim. Sedangkan di Jalan Agus Salim sepanjang 600 meter persegi mulai tikungan Jalan Yusuf Adiwinata hingga Jalan Gereja Theresia. Sementara Jalan H.O.S Cokroaminoto sepanjang 530 meter persegi mulai dari Jalan Gereja Theresia hingga Jalan Wahid Hasyim," paparnya.

"Untuk Jalan Yusuf Adiwinata dan Jalan Agus Salim dikerjakan satu sisi karena lanjutan, sisi satunya sudah dikerjakan tahun lalu sedangkan Jalan H.O.S Cokroaminoto dua sisi kanan dan kiri," imbuhnya, saat dikonfirmasi, Jumat (20/10).

Soleh menuturkan, peningkatan trotoar ini telah dilakukan sejak Juli 2023 lalu pengerjaannya sudah sampai 60 persen dan ditargetkan akan rampung pada akhir November mendatang.

"Ini merupakan aspirasi dari masyarakat melalui musrenbang untuk meningkatkan kualitas daerah dan memperbaiki jalur pejalan kaki," ucapnya.

Menurutnya, kondisi sebelumnya di jalan tersebut memang trotoar lama yang kondisinya sudah kurang bagus serta belum mengikuti standar aksesibilitas.

"Sekarang sudah kita lengkapi dengan standar aksesibilitas berupa ubin pengarah disabilitas dan untuk kelandaiannya pun sudah disesuaikan," ujarnya.

"Harapannya ini bisa memberikan kenyamanan bagi masyarakat Jakarta Pusat dan juga diharapkan masyarakat bisa sama-sama menjaga sarana dan prasarana yang kita bangun sehingga bisa terpelihara dengan baik," tandasnya.