Terima Kunjungan Siswi SMP Santa Maria, Aspem Berikan Pengetahuan Tentang Pemerintahan

Reporter: Maulana | Editor: Andreas Pamakayo

Aspem menerima kunjungan dua siswi SMP, Santa Maria, di ruang kerjanya. Foto: Maulana

Asisten Pemerintahan (Aspem) Setko Administrasi Jakarta Pusat Denny Ramdany menerima kunjungan dua siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Santa Maria, di ruang kerjanya, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Selasa (16/5).

Denny mengatakan, kedatangan siswi SMP Santa Maria tersebut untuk mendapatkan pengetahuan tentang pemerintahan di DKI Jakarta khususnya di Jakarta Pusat.

"Ternyata memang pelajaran yang mereka terima selama ini belum secara konverhensif dan global, sehingga mereka perlu pendalaman, terkait struktur pemerintahan," katanya. 

"Tadi sudah kita jelaskan struktur pemerintahan dari tatanan presiden hingga level RT, kemudian kita urai peran dan tugasnya masing-masing hingga kepedulian terhadap lingkungan bila mereka selesai dalam melaksanakan pendidikan di sekolah," imbuhnya.

Denny menuturkan, ini merupakan salah satu tugas sekolah yang masuk dalam kurikulum Merdeka Belajar yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan, sehingga para siswa diminta menggali pengetahuan dilingkungan masing-masing.

"Dua siswi ini memiliki ketertarikan terhadap dunia kepemerintahan makanya mereka ingin tahu dan tanya langsung ke sini," tuturnya.

Menurutnya, kedatangan dua siswi ini bisa menjadi pionir dalam menceritakan tentang pemerintahan kepada teman ataupun keluarga bahwa pemerintahan itu tidak semudah yang dipikirkan masyarakat.

"Bicara kenegaraan ini bukan hanya di level presiden tetapi bicara mulai dari keluarga, RT, RW, lurah, camat, wali kota, gubernur, hingga presiden yang semua tugasnya saling berkesinambungan," ucapnya.

"Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Pusat terbuka bagi siapapun yang ingin mengetahui dan belajar tentang pemerintahan, karena PNS merupakan pelayan masyarakat yang kalau diibaratkan posisinya berada satu strip di bawah masyarakat, jadi masyarakat minta pelayanan kita layani," tutupnya.