Terkait 10 Program PKK, Tim Verifikasi Lapangan Tingkat Kota Meninjau Tiga Kecamatan dan Enam Kelurahan

Reporter: Andreas Pamakayo | Editor: Andreas Pamakayo

Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah meninjau ruangan kader PKK kelurahan. Foto: Malik Maulana

Tim verifikasi lapangan tingkat kota meninjau lomba peningkatan 10 Program Pokok Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) Kota Administrasi Jakarta Pusat Tahun 2023 di tiga kecamatan dan enam kelurahan.

Tiga kecamatan dan enam kelurahan tersebut yaitu, Kelurahan Kebon Sirih, Cikini, Pegangsaan (Kecamatan Menteng), Karang Anyar, Kartini (Kecamatan Sawah Besar) dan terakhir berlangsung di Cempaka Putih Barat (Kecamatan Cempaka Putih).

Peninjauan tim verifikasi lapangan tingkat kota ini dipimpin langsung Ketua TP-PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat Ucu Jamilah didampingi jajaran terkait lainnya.

"Hari ini merupakan kegiatan verifikasi lapangan 10 Program Pokok PKK untuk melihat hasilnya di tiga kecamatan dan enam kelurahan," jelas Ucu di lokasi.

Saat ini, lanjutnya, ingin melihat kader terbaik PKK yang sangat memiliki manfaat, menjadi teladan bagi lingkungan dan keluarganya. "Kader terbaik PKK intinya harus paham dengan 10 Program Pokok PKK," ucapnya. 

Ucu berharap dengan lomba dan verifikasi lapangan ini sesuai dengan data yang telah disampaikan sebelumnya. "Nanti ada yang mewakili Jakarta Pusat sebanyak tiga orang dan akan dibawa ke tingkat provinsi," terang Ucu. 

Sementara itu, Sub Koordinator Urusan Kesehatan Perlindungan Anak dan Pengendalian Penduduk Bagian Kesra Setko Administrasi Jakarta Pusat Retno Wati menambahkan, hari ini beserta Tim Penggerak PKK Kota Administrasi Jakarta Pusat melaksanakan penilaian 10 Program Pokok PKK di antaranya, penilaian kader terbaik.

Untuk penilaian kader terbaik, lanjutnya, yang dilihat itu usia di bawah 50 tahun, aktif dalam pengurusan PKK, Pokja, juga aktif dalam kewilayahan.."Yang dinilai kegiatan ekonominya, gotong-royongnya, dan kegiatan di bidang kesehatannya," ucap Retno. 

"Ada delapan kader yang mewakili di tiap kecamatan masing-masing. Tiga orang kader yang terpilih akan diusulkan sampai ke tingkat provinsi," imbuhnya.