Terkait Aksi Pembersihan Udara, Pemkot Jakpus Kumpulkan Pengelola Gedung

Reporter: Berlian Sigit | Editor: Andreas Pamakayo

Rapat Aksi Pembersihan Udara oleh para Pengelola Gedung. Foto: Zaki Ahmad Thohir

Wali Kota Administrasi Jakarta Pusat Dhany Sukma mengatakan, untuk mengatasi polusi harus bersama-sama melakukan suatu gerakan agar kualitas udara menjadi lebih baik.

"Seluruh stakeholder yang ada di Jakarta Pusat kita berharap ada suatu gerakan bersama untuk sama-sama kita mengatasi persoalan pencemaran udara, bukan hanya dari swastanya saja, pemerintahannya saja, tapi juga dari masyarakat, dunia usaha, dan semua harus ikut ambil bagian karena ini masalah bersama," katanya, saat memimpin rapat Aksi Pembersihan Udara oleh para Pengelola Gedung, di Ruang Pola, Kantor Wali Kota Jakarta Pusat, Jalan Tanah Abang I, Gambir, Senin (4/9).

Dhany juga menjelaskan, saat ini moda transportasi umum sudah lebih nyaman karena jalur Light Rail Transit (LRT) sudah terhubung dengan Stasiun Sudirman. Untuk itu, mari gunakan transportasi umum.

"Stasiun Sudirman ke bandara juga sudah terhubungkan, belum lagi nanti ada mikro Transjakarta juga sudah bisa dinaiki dengan gratis hanya dengan melakukan tap e-money saja, dan bus Transjakarta sudah menggunakan bus-bus listriknya. Maka saya mengajak masyarakat untuk menggunakan transportasi umum," jelasnya.

Sementara itu, Asisten Perekonomian dan Pembangunan (Asekbang) Setko Administrasi Jakarta Pusat Bakwan Ferizan Ginting mengimbau kepada para pengelola gedung untuk segera memasang alat pembersih udara.

"Kita juga mengimbau untuk para pengelola gedung-gedung mencari langkah-langkah atau menggunakan alat-alat yang secara efektif bisa mereduksi polutan," tandasnya.