Tiga Difabel Binaan Sudin Nakertransgi Ikut Inklusi Fest 2023

Reporter: Faisal Bintang Magang | Editor: Andreas Pamakayo

Inklusi Fest 2023. Foto: Faisal Bintang Magang

Sebanyak tiga difabel binaan Suku Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Energi (Nakertransgi) Kota Administrasi Jakarta Pusat mengikuti Inklusi Fest 2023, di Wisma Barito Pasific II lantai 8, Kelurahan Slipi, Jakarta Barat, Rabu (4/10). 

Kasudin Nakertransgi Kota Administrasi Jakarta Pusat Sudrajat mengatakan, Inklusi Fest menjadi salah satu event yang melibatkan para difabel dari berbagai komunitas, serta sekolah. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Yayasan Helping Hands. 

Menurutnya, kegiatan ini merupakan salah satu upaya untuk pemberdayaan difabel dan pihaknya juga menyertakan tiga binaan difabel yang memamerkan produk unggulan seperti, fashion dan aneka craft.

"Ketiga difabel ini menjadi binaan kita dan telah mengikuti berbagai pelatihan.  Hari ini kita libatkan mereka untuk mempromosikan produknya ke masyarakat pada Inklusi Fest 2023,” kata Sudrajad. 

Sudrajat berharap setiap kegiatan yang melibatkan difabel menjadi penyemangat bagi binaannya, sehingga para binaan terus dapat melahirkan karya-karya terbaik. 

“Kami ingin potensi yang ada pada diri difabel semakin berkembang. Dan masyarakat umum harus terus mendukungnya,” ujar Sudrajad. 

Salah satu difabel binaan Sudin Nakertransgi Jakarta Pusat, sekaligus pemilik Alrian Art Collection Erlina mengaku senang dirinya dilibatkan dalam kegiatan tersebut. 

“Senang sekali, hari ini omset yang saya dapat sudah lebih dari Rp1.000.000,” ucap Erlina. 

Produk craft yang dijajakannya bervariasi mulai dari yang paling murah seperti, kalung dibandrol dengan harga Rp50.000 hingga yang paling mahal Boneka Betawi Rp2.000.000. 

“Semua buatan tangan saya, ada kalung saya jual Rp50.000, pouch Rp100.000, tas kotak makan Rp150.000 hingga paling sepasang Boneka Betawi Rp2000.000 juta,” imbuhnya. 

Dia juga berharap, para difabel selalu semangat dan terus melahirkan karya-karya yang dapat menambah nilai ekonomi bagi para difabel. 

“Harapan saya teman-teman difabel lainnya semakin semangat, jangan menyerah karena kita memiliki potensi yang luar biasa,” tutupnya.